ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Perbedaan Kijang Innova type G, V dan Q

03 December 2015

Kurang lebih satu minggu atau tepatnya tanggal 23 November 2015 Toyota Astra Motor resmi merilis facelift dari Kijang Innova yaitu Kijang All New Innova. Dalam rilis resmi tersebut TAM mengusung sebuah tema yaitu "The Legend Reborn" sebagai pengambaran bahwa Kijang adalah salah satu produk legendaris dari Toyota dan kembali lahir dengan segala fitur terbaru dari sisi interior, eksterior dan juga mesin. 

Toyota All New Kijang Innova memiliki line up baru yaitu G, V dan Q dari ketiga line up tersebut semua tersedia dalam pilihan mesin manual dan otomatis dan terdiri dari dua pilihan mesin yaitu bensin dan diesel (solar). 

Kijang Innova model lama memiliki line up yaitu tipe E, J, G dan V bial dibandingkan dengan All New Kijang Innova line up yang hilang adalah tipe bawah yaitu E dan J, Toyota sengaja menghilangkan line up ini karena hasil survey dari customer atau pemakai mobil Kijang Innova bahwa mereka menginginkan fitur yang lebih dibanding tipe J dan E. Apa saja perbedaan dari All New Kijang Innova tipe G, V dan Q simak penjelasannya berikut ini. 

Eksterior. 
Semua tipe All New Kijang Innova dari sisi eksterior jika diperhatikan sekilas tidak ada perbedaan sama sekali, namun demikian tentu saja ada perbedaan dari ketiga tipe New Kijang Innova jika dilihat secara jeli. Perbedaan ini memang tidak terlalu mencolok utamnya pada grill bumper depan untuk tipe bensin G mengusung warna silver dan sesuai dengan warna bodi, sementara itu untuk tipe V dan Q bensin menggunakan warna crome dan silver, warn atersebut juga berlaku untuk tipe mesin diesel.

Pada bagian lampu atau Head lamp pada tipe G dan V baik mesin bensin maupun mesin diesel menggunakan lampu halogen dan multireflektor sementara untuk tipe Q diesel dan bensin menggunakan LED Projector. Tipe Q juga dilengkapi dengan Auto leveling. Semua tipe Fog lamp sudah dilengkapi dengan chrome bezel.

Kaca spion Kijang Innova untuk tipe G memiliki fitur elektrik dengan warna sama dengan bodi sementara untuk tipw V dan G dengan fitur elektrik, retractable, welcome light dan juga sewarna dengan bodi. Welcome lihgt adalah fitur yang digunakan untuk memudahkan dalam memasuki kabin kendaraan dengan penerangan lampu pada kaca spion.

All New Kijang Innova tipe V dan Q sudah dilengkapi dengan rear camera dan sesnsor parkir untuk memudahkan dalam mengendarai dan memarkir kendaraan.

Untuk bagian pintu pada moulding pintu tipe G dan V menggunakan warna hitam sementara untuk tipe G sudah menggunakan warna crome. Masih pada bagian pintu untuk handle tipe G dan V menggunakan warna yang sewarna dengan bodi sementara untuk tipe Q juga menggunakan warna crome.

Dari sisi dimensi All New Kijang Innova juga mengalami perubahan dengan memiliki panjang, lebar dan tinggi yang berbeda dengan model lama. Berikut ini ukuran dimensi dari All New Kijang Innova.

Dimensi
All New Kijang Innova
Panjang
4.735 mm
Lebar
1.830 mm
Tinggi
1.795 mm
Jarak Sumbu
2.750 mm
Jarak Pijak Depan
1.540 mm
Jarak Pijak Belakang
1.540 mm

Dari pilihan warna All New Kijang Innova mempertahankan empat warna baru yaitu putih (super white), Silver metalic, Drak grey mica metallic dan atitude black, juga menambah dua baru yaitu Avant grade bronze dan Alumina jade. 

Pilihan Warna All New Kijang Innova 

All New Kijang Innova Tipe Q
Tipe Q adalah tipe tertinggi menggantikan tipe V yang sudah ada sebelumnya. Sebagai tipe tertinggi Kijang Innova tipe Q dilengkapi dengan segudang fitur unggulan yang melekat. Kijang Innova tipe Q memiliki interior dengan warna hitam dengan variasi ornamen kayu yang ada pada dasboard dan juga kemudi.


Interior New Kijang Innova tipe Q

Ornamen kayu pada Innova tipe Q ini juga mengalami perubahan warna cenderung lebih gelap bila dibandingkan dengan tipe lama. Untuk penempatan juga berubah sejajar atau lurus di tengah Audio unit.

Interior (Blue IlluninationNew Kijang Innova tipe Q dan V

Kijang Innova Tipe Q memiliki fitur terbaru dengan unsur kemewahan yaitu Blue Illumination dimana fitur ini untuk memberikan pengalaman selama berkendara semewah pada saat berada di rumah. Tipe Q juga dilengkapi dengan fitur Follow me home dimana fitur ini berfungsi untuk memberikan pencahayaan pada saat masuk ke rumah dimana lampu akan menyala sekitar 30 detik setelah mesin dimatikan.

Seat Back Table Kijang Innova tipe Q dan V

Satu lagi fitur terbaru yang terdapat pada All New Kijang Innova tipe Q adalah adanya Seat Back Table yang berfungsi untuk menempatkan barang bawaan seperti buku, Tablet dan handphone juga dapat digunakan untuk meletakkan botol minuman.

Beralih kesisi Audio unit karena disini terdapat fitur baru dengan teknologi terbaru. Untuk Audio unit Kijang Innova tipe Q memiliki beberapa fitur antara lain.

Fitur Audio
Kijang Innova Tipe Q
Radio FM/AM
Ada
CD
Ada
DVD
Ada
Gestur Guide
Ada
Air Gestur
Ada
Voice Command
Ada
Kamera Belakang
Ada
Aux In
Ada
iPod
Ada
USB
Ada
Micro SD
Ada
Bluetooth
Ada
Internet
Ada
DLNA
Ada
Miracast
Ada
HDMI
Ada
Mirrorlink
Ada
Toyota Move
Ada

Fitur Miracast pada All New Kijang Innova tipe Q dan V


All New Kijang Innova Tipe V
Tipe V saat ini menjadi tipe medium atau tipe tengah dari All New Kijang Innova. Dari sisi interior memiliki warna sedikit berbeda dengan warna tipe Q dimana warna ini adalah perpaduan antara warna hitam dengan warna coklat. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



Pada tipe V tidak terdapat ornamen kayu seperti pada tipe Q, warna silver sebagai ganti ornamen kayu, perpaduan warna ini menjadikan interior Innova tipe V menjadi lebih mewah dan elegan.

Sama seperti tipe Q untuk tipe V juga dilengkapi dengan fitur Blue Illunination, Seat Back Table, Miracash dan HDMI. 


Untuk fitur pada Audio Unit tipe V sama seperti pada tipe Q namun untuk fitur Air Gestur tidak tersedia untuk tipe V. Berikut ini fitur lengkap pada audio unit Innova tipe V.
Fitur Audio
Kijang Innova Tipe V
Radio FM/AM
Ada
CD
Ada
DVD
Ada
Gestur Guide
Ada
Air Gestur
Tidak Ada
Voice Command
Ada
Kamera Belakang
Ada
Aux In
Ada
iPod
Ada
USB
Ada
Micro SD
Ada
Bluetooth
Ada
Internet
Ada
DLNA
Ada
Miracast
Ada
HDMI
Ada
Mirrorlink
Ada
Toyota Move
Ada


All New Kijang Innova Tipe G
Tipe G saat ini adalah tipe paling bawah menggantikan tipe J dan E pada tipe Kijang Innova yang lama. Dari sisi interior All New Kijang Innova memiliki warna sama seperti tipe G namun ada sedikit perbedaan warna pada bagian tombol kemudi dimana warna menggunakan warna sama dengan kabin atau bukan silver. Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Interior New Kijang Innova tipe G

Dari gambar interior All New Kijang Innova diatas juga dapat dilihat pada bagian kemudi sisi kanan tidak terdapat tombol pengaturan seperti halnya tipe G dan V.

Tipe G tidak dilengkapi dengan fitur  Blue Illunination, Seat Back Table, Miracash dan HDMI. Untuk Audi unit New Kijang Innova tipe G juga memiliki fitur terbatas, lebih lengkapnya dapat di lihat pada tabel dibawah ini.

Fitur Audio
Kijang Innova Tipe G
Radio FM/AM
Ada
CD
Ada
DVD
Ada
Gestur Guide
Ada
Air Gestur
Tidak Ada
Voice Command
Ada
Kamera Belakang
Tidak Ada
Aux In
Ada
iPod
Ada
USB
Ada
Micro SD
Ada
Bluetooth
Ada
Internet
Tidak Ada
DLNA
Tidak Ada
Miracast
Tidak Ada
HDMI
Tidak Ada
Mirrorlink
Tidak Ada
Toyota Move
Tidak Ada

Dari penjelasan diatas All New Kijang Innova tidak salah jika mengusung tema 'The Legend Reborn" mengingat fitur unggulan yang dimiliki oleh All New Kijang Innova. Untuk perbedaan harga dari ketiga tipe adalah sebagai berikut.

No. Mobil Harga
1. Kijang Innova Type Q MT (Diesel) Rp. 402.400.000
2. Kijang Innova Type Q AT (Diesel) Rp. 423.800.000
3. Kijang Innova Type Q MT (Gasoline) Rp. 364.700.000
4. Kijang Innova Type Q AT (Gasoline) Rp. 384.800.000
5. Kijang Innova Type V MT (Diesel) Rp. 357.500.000
6. Kijang Innova Type V AT (Diesel) Rp. 377.300.000
7. Kijang Innova Type V MT (Gasoline) Rp. 325.600.000
8. Kijang Innova Type V AT (Gasoline) Rp. 345.200.000
9. Kijang Innova Type G MT (Diesel) Rp. 310.100.000
10. Kijang Innova Type G AT (Diesel) Rp. 331.600.000
11. Kijang Innova Type G MT (Gasoline) Rp. 282.000.000
12. Kijang Innova Type G AT (Gasoline) Rp. 302.200.000

Harga diatas berlaku mulai sejak diluncurkan dan untuk wilayah Jakarta dan sebagian Jawa Barat. Harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu untuk update dapat dilihat di menu Daftar harga.

Untuk lebih memudahkan dalam membedakan antara Kijang Innova tipe V dan G silakan simak video dibawah ini. Video ini adalah Kijang Innova tipe G bensin dan V diesel.

Kijang Innova tipe G Bensin


Kijang Innova tipe V Diesel
Friends Added
Description
: Perbedaan Kijang Innova type G, V dan Q
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Perbedaan Kijang Innova type G, V dan Q
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz