ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Penyebab Harga Mobil Berbeda-beda Untuk Masing-masing Dealer

15 December 2015

Tidak hanya merek Toyota mobil merek lainnya memiliki selisih harga berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, kenapa demikian? Jawabannya adalah karena biaya distribusi barang yang meliputi ongkos pengiriman dan asuransi barang. 

Semua pabrikan atau ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) Mobil di Indonesia memiliki basis produksi di sekitar Jawa Barat atau Jakarta, untuk Toyota kita mengenal pabrik Toyota atau Toyota Motor Manufacturing Indonesia  (TMMI) yang memiliki pabrik di Karawang dan di Jakarta Utara. Dari Jakarta dan Karawang Toyota mendistribusikan mobil ke seluruh Indonesia dengan biaya pengiriman sesuai dengan jarak dekat dan jauhnya dari kedua tempat tersebut, semakin jauh ongkos distribusi barang akan semakin mahal. Faktor lainnya yang juga mempengaruhi harga mobil adalah pajak Biaya Balik Nama (BBN) Kendaraan di masing-masing daerah yang berbeda-beda.


Sebagai contoh adalah harga mobil di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, kedua daerah tersebut merupakan wilayah penjualan untuk dealer Toyota Nasmoco namun terdapat perbedaan harga dimana wilayah Yogyakarta pajak BBN lebih murah selisih sekitar 2,5 % dengan pajak BBN untuk wilayah Jawa Tengah.

Seperti diketahui beberapa mobil Toyota di Indonesia adalah produk yang di impor utuh atau Completely Build Up (CBU) dari beberapa negara seperti Jepang dan Thailand seperti Toyota New Alphard, New Camry, Toyota Hiace, Toyota Nav1 yang di impor langsung dari Jepang. Selain itu ada juga mobil yang dirakit atau CKD (Completely Knock Down) seperti Toyota Hilux, dan juga dalam bentuk IKD (incompeletely knocked down) seperti Toyota Innova, Toyota Fortuner, Toyota Etios, Toyota Vios dan Toyota Yaris.

Harga mobil jenis tertentu di dealer Toyota Karawang berbeda dengan harga di wilayah Jakarta, harga ini di sebabkan karena pabrik mobil Toyota berbasis di Karawang untuk beberapa jenis mobil non produksi Toyota Astra Motor di Sunter seperti Toyota Agya, Toyota Etios, Grand New Avanza dan Veloz. Selain mobil produksi Toyota Sunter harga akan lebih murah di wilayah Karawang. 


Friends Added
Description
: Penyebab Harga Mobil Berbeda-beda Untuk Masing-masing Dealer
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Penyebab Harga Mobil Berbeda-beda Untuk Masing-masing Dealer
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz