ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Perbedaan Antara Toyota Agya Tipe E, G dan TRD Sportivo

11 December 2015

Sebelum membahas mengenai perbedaan antara Toyota Agya tipe E, G dan TRD S ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang mobil LCGC sehingga kita akan paham kenapa harga mobil ini murah. LCGC adalah kepanjangan dari Low Cost Green Car atau dapat diartikan mobil murah dan ramah lingkungan, LCGC adalah program dari pemerintah yang di tetapkan melalui Peraturan Memperindag No.33/M-IND/PER/7/2013.

Kebijakan pemerintah ini di dasari akan tingginya permintaan akan kendaraan murah namun tetap ramah lingkungan serta untuk meningkatkan daya saing industri otomotif di Indonesia. Dalam peraturan ini di tetapkan semua Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) harus membuat mobil dengan komposisi komponen lokal lebih banyak dan dengan logo khas yang sesuai dengan ciri Indonesia. 


Pemerintah memberikan intensif dalam bentuk keringanan pajak kendaraan bermotor untuk jenis LCGC karena itulah harga mobil ini terbilang murah. Pemerintah juga menetapkan harga mobil ini adalah Rp 95.000.000 + 15 % untuk penambahan teknologi transmisi (otomatis) + 10% safety, harga ini perpatokan pada lokasi pusat Agen Tunggal Pemegang Merek. 

Toyota Agya adalah mobil Toyota di kelas LCGC pertama atau pemula di Indonesia. Agya resmi diluncurkan pada tahun 2013 dengan tiga line up yaitu Toyota Agya E, G dan TRD Sportivo. Semua tipe Agya tersedia dalam pilihan manual dan otomatis. Sejak pertama kali diluncurkan hingga hari ini Toyota Agya sudah mengalami Improvement (penyegaran) ringan selama dua kali dan terakhir adalah pada awal Januari 2015. 

Penyegaran Toyota Agya pada tahun 2015 ini dikenal juga dengan istilah Toyota Agya Improvement . Toyota Astra Motor menyempurnakan Agya dengan mengubah pada bodi kendaraan sehingga lebih kuat (reinforcement). Untuk keamanan Agya Improvement juga dilengkapi dengan fitur baru yaitu ISOFIX yang berfungsi untuk bangku cadangan agar buah hati Anda aman dan nyaman selama berkendara. Untuk fitur kenyamanan yang ditambahkan adalah New Air Fresh Lever yang semakin nyaman dengan aliran udara segar selama berkendara.

ISOFIX Toyota Agya

Sementara itu dalam penyegaran pertama yaitu tahun 2014 Toyota Astra Motor menambahkan dua warna baru yaitu Light Blue dan Red (merah) sehingga total kini Toyota Agya memiliki tujuh pilihan warna yaitu Putih (white), Silver Metallic, Hitam (Black), Gray Metallic dan Dark Blue Merallic.

Pilihan Warna Toyota Agya 

Pada bagian interior ditambahkan 4 speaker di pintu kanan dan kiri untuk Agya tipe G dan TRD S, tidak hanya itu untuk tipe E kombinasi meter diubah menjadi sama dengan tipe G dan TRD S dengan dilengkapi dengan tachometer, Eco Indicator dan Multi Information Display (MID). 

Toyota Agya Tipe E
Agya tipe E adalah line up paling bawah dari Toyota Agya. Dari sisi dimensi ukuran lebar sedikit lebih pendek 20 mm bila di bandingkan dengan tipe G dan TRD S yaitu 1.600 mm. Dimensi lengkap dari Toyota Agya tipe E adalah Panjang 3.600 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm, jarak sumbu 2.450 mm, jarak pijak depan 1.430 mm dan jarak pijak belakang adalah 1.425 mm. Berikut ini tabel lengkap dimensi dari Toyota Agya tipe E AT dan MT.

DIMENSI
AGYA E MT
AGYA E AT
Panjang (mm)
3.600 
 3.600 
Lebar (mm)
1.600 
1.600
Tinggi (mm)
1.520 
1.520
Jarak Sumbu (mm)
2.450 
2.450
Jarak Pijak Depan (mm)
1.430 
1.430
Jarak Pijak Belakang (mm)
1.425 
1.425

Toyota Agya tipe E pada bagian Eksterior depan tidak terdapat fog lamp dan untuk bodi bagian samping tidak terdapat list berwarna crome seperti pada tipe G dan TRD S. List crome pada bagian bawah grill juga tidak tersedia untuk tipe Agya E.


Perbedaan lain dari sisi eksterior Toyota Agya tipe E adalah pada kaca spion menggunakan warna yang sewarna dengan bodi.

Beralih ke sisi interior untuk Audio Toyota Agya menggunakan tipe 1 DIN Detachable front panel Audio dengan CD/MP3/USB/Aux dengan 2 speakers depan. All New Toyota Agya tipe E juga sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC), lampu kabin depan (front room lamp ), kunci pintu otomatis (power door lock), Power Window untuk semua tipe AT maupun MT dengan Auto Down dan Driver Side.

Untuk keamanan All New Toyota Agya sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, 3 seat belts (sabuk pengaman) for Rear Seat, Sabuk pengaman untuk penumpang dan pengemudi depan dengan Pre-Tensioner & Force Limiter.

Beralih ke sisi Sasis pada Toyota Agya tipe E untuk transmisi yang di gunakan menggunakan pilihan manual 5 tingkat kecepatan dan juga otomatis 4 tingkat kecepatan. Sistem kemudi menggunakan Rack dan Pinion dengan Electrik Power Steering di dukung dengan sistem kemudi depan menggunakan MacPherson Strut dengan Pegas Koil dan Semi Independent Torsion Axle Beam dengan pegas koil untuk suspensi belakang.

Untuk pengereman Agya tipe E didukung dengan suspensi depan Disc (cakram ) untuk tipe MT sementara untuk tipe AT menggunakan cakram berventilasi. Sementara untuk rem belakang menggunakan Drum Leading-trailing untuk tipe AT dan MT. Toyota Agya tipe E didukung dengan ukuran ban dengan model Steel Wheel dan wheel Cap ukuran 155/80 R13. Berikut ini tabel lengkap Sasis yang digunakan pada Toyota Agya tipe E khusus untuk perbandingan Gigi (gear ratio).

SASIS AGYA E
MT
AT
Transmisi
Manual 5 tingkat kecepatan
Otomatis 4 tingkat kecepatan
Perbandingan Gigi 1st
3.417
2.731
Perbandingan Gigi 2nd
1.960
1.526
Perbandingan Gigi 3rd
1.250
1.000
Perbandingan Gigi 4th
0.865
0.696
Perbandingan Gigi 5th
0.707
-
Perbandingan Gigi Reserve
3.143
2.290
Perbandingan Gigi Akhir
4.643
4.485

Toyota Agya Tipe G
Agya tipe G adalah kelas medium dari All New Toyota Agya Improvment. Dari sisi ukuran atau dimensi memiliki perbedaan dengan Toyota Agya tipe E namun sama dengan Toyota Agya tipe TRS S. Ukuran panjang dari Toyota Agya tipe G adalah 3.600 mm, lebar 1.620 mm, tinggi 1.520 mm, jarak sumbu 2.450 mm, jarak pijak depan 1.410 mm dan jarak pijak belakang 1.405 mm. Berikut ini tabel ukuran dimensi dari Toyota Agya Tipe G AT dan MT.

DIMENSI AGYA TIPE G AT & MT
Panjang (mm)
3.600
Lebar (mm)
1.620
Tinggi (mm)
1.520
Jarak Sumbu (mm)
2.450
Jarak Pijak Depan (mm)
1.410
Jarak Pijak Belakang (mm)
1.405

Dari sisi ekterior Toyota Agya tipe G memiliki semua fitur yang terdapat pada Toyota Agya tipe E namun ada tambahan antara lain list crome pada bagian bawah grill, list crome pada bagian bodi samping dan ada pada kaca spion terdapat tambahan warna hitam juga mendapat tambahan spoiler belakang. 


Satu lagi perbedaannya adalah untuk Agya tipe G terdapat fog lamp dengan kombinasi list crome berbentuk segitiga atau lancip dan gagang pintu samping dan belakang juga berwarna crome. 

Interior Toyota Agya tipe G sama dengan tipe TRD S namun berbeda dengan tipe E, perbedaannya adalah pada audio Audio unit menggunakan 2 DIN terintregasi dengan CD/MP3,USB/AUX dengan 4 spekaers. Interior Toyota Agya tipe G dan TRD menggunakan warna hitam dengan kombinasi silver sehingga lebih terkesan mewah. 

Interior Toyota Agya tipe G dan TRD.

Untuk fitur keamanan dan Sasi yang digunakan pada Toyota Agya tipe G sama persisi dengan yang dimiliki oleh Toyota Agya tipe E. Dari sisi ban dan velg Toyota Agya tipe G menggunakan Alloy steel ukuran 175/65 R14. 

Toyota Agya Tipe TRD Sportivo
Tipe Agya TRD Sportivo merupakan line up tertinggi dari Toyota Agya secara spesifikasi fitur dari sisi ukuran dimensi, interior, eksterior sama persis dengan tipe Agya G namun perbedaannya adalah dengan adanya tambahan aksesoris TRD Sportivo pada bagian eksterior. Atau dapat dikatakan Toyota Agya tipe TRD S memiliki semua kelengkapan pada Agya tipe G namun dengan tambahan bodi kit TRD Sportivo. 


Aksesoris TRD Sportivo ini terdapat pada bagian bodi depan, belakang juga terdapat tambahan sticker TRD S pada bagian samping dan juga terdapat emblem bertuliskan TRS S pada bagian belakang bodi dan juga pada spoiler belakang. 

Untuk perbedaan harga dari Toyota Agya tipe E, G dan TRD Sportivo adalah sebagai berikut. harga ini berlaku untuk wilayah Jakarta dan sebagian Jawa Barat mulai bulan Desember 2015. 

No. Mobil Harga
1. Toyota Agya E M/T Rp. 109.830.000
2. Toyota Agya E A/T Rp. 121.560.000
3. Toyota Agya G M/T Rp. 117.830.000
4. Toyota Agya TRD S M/T Rp. 121.930.000
5. Toyota Agya G A/T Rp. 127.860.000
6. toyota Agya TRD S A/T Rp. 132.460.000

Mesin All New Toyota Agya
Semua tipe Toyota Agya menggunakan mesin dengan tipe 3 silinder segaris, 12 katup, DOHC /3 silinder in line, 12 valves dengan isi silinder 998 cc. Mesin yang digunakan ini menghasilkan daya maksimum sebesar 65.3/6.000 ps/rpm dan torsi maksimum 8.8/3.600 kgm/rpm. 

Untuk tabel jenis mesin / engine yang digunakan pada All Toyota Agya Improvment adalah sebagai berikut. 

MESIN
ALL TOYOTA AGYA
Tipe Mesin 
3 silinder segaris, 12 katup, DOHC/3 cylinder in-line, 12 valves, DOHC
Isi Silinder 
998 cc
Diameter x Langkah 
71.0 x 84.0 mm x mm
Daya Maksimum 
65.3/6.000 ps/rpm
Torsi Maksimum 
8.8/3.600 kgm/rpm
Kapasitas Tangki
33 liter
Jenis Bahan Bakar
Bensin Tanpa Timbal
Sistem Bahan Bakar
Sistem Injeksi Elektronik 
Friends Added
Description
: Perbedaan Antara Toyota Agya Tipe E, G dan TRD Sportivo
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Perbedaan Antara Toyota Agya Tipe E, G dan TRD Sportivo
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz