ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Perbedaan Kijang Innova Lama Dengan All New Kijang Innova 2015

18 December 2015

Toyota Astra Motor resmi merilis facelift dari Kijang Innova yaitu All New Kijang Innova 2015 pada tanggal 23 November 2015. Menggunakan slogan "The Legend Reborn" All New Kijang Innova hadir dengan tiga pilihan line up yaitu Tipe Q sebagai tipe tertingi, V sebagai tipe tengah dan tipe G sebagai tipe terbawah.

Slogan baru dari All New Kijang Innova tentu saja berdasarkan apa yang di sajikan dalam generasi ke 6 dari Kijang atau generasi kedua dari Kijang Innova. Dari sisi interior, eksterior dan mesin All New Kijang Innova lahir kembali dengan semua fitur yang melebihi ekspetasi dari pelanggan sebelumnya. MPV di segment medium ini tidak hanya sekedar mobil idaman keluarga yang handal namun juga dilengkapi dengan fitur handal bahkan melebihi kendaraan SUV.


Perbedaan All New Kijang Innova 2015 dengan generasi sebelumnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari sisi interior, eksterior , fitur dan harga. Apa saja perbedaannya simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Kijang Innova edisi sebelumnya memiliki 4 tipe atau line up yaitu J sebagai line up paling bawah, E dan G pada posisi tengah dan tipe V menjadi tipe tertinggi. Pada Kijang Innova facelift 2015 line up di pangkas hanya menjadi 3 pilihan saja yaitu G sebagai line up paling bawa, tipe V menjadi line up medium dan Q merupakan line up baru sekaligus menjadi line up tertinggi dari All New Kijang Innova.

Kijang Innova Lama 
All New Kijang Innova
Kijang Innova Type V A/T Gasoline Kijang Innova Q AT (Diesel)
Kijang Innova Type V A/T Diesel Kijang Innova Q MT (Diesel)
Kijang Innova Type G A/T Gasoline Kijang Innova Q AT (Gasoline)
Kijang Innova Type G A/T Diesel  Kijang Innova Q MT (Gasoline)
Kijang Innova Type E A/T Gasoline Kijang Innova V AT (Diesel)
Kijang Innova Type V M/T Gasoline Kijang Innova V MT (Diesel)
Kijang Innova Type V M/T Diesel Kijang Innova V AT (Gasoline)
Kijang Innova Type G M/T Gasoline Kijang Innova V MT (Gasoline)
Kijang Innova Type G M/T Diesel Kijang Innova G AT (Diesel)
Kijang Innova Type E M/T Gasoline Kijang Innova G MT (Diesel)
Kijang Innova Type E M/T Diesel Kijang Innova G AT (Gasoline)
Kijang Innova Type J M/T Gasoline Kijang Innova G MT (Gasoline)

Perbedaan dari sisi Eksterior
Dari sisi dimensi All New Kijang Innova 2015 memiliki ukuran yang lebih panjang dari pada generasi sebelumnya. Pada generasi sebelumnya untuk beberapa tipe memiliki perbedaan ukuran dimensi namun untuk generasi terbaru ini semua tipe ukurannya sama. 

Ukuran lebar Kijang Innova model lama berbeda untuk tipe V mesin bensin dan diesel baik AT maupun MT yaitu memiliki ukuran 1,775 mm, untuk tipe G, E dan J mesin AT dan MT baik diesel maupun bensin memiliki ukuran lebar 1,760 mm. Untuk ukuran panjang semua tipe Kijang Innova lama adalah 4,585 mm, Tinggi 1.750 mm, Jarak Sumbu 2,750 mm. 

Untuk perbedaan ukuran dimensi dari Kijang Innova lama dengan All New Kijang Innova facelift dapat dilihat pada tabel di bawah ini. 

Dimensi 
Kijang Innova Lama
All New Kijang Innova
Panjang
4.585 mm
4.735 mm
Lebar
1.775 mm*
1.830 mm
Tinggi 
1.750 mm
1.795 mm
Jarak Sumbu
2.750 mm
2.750 mm
Jarak Pijak Depan
1.510 mm
1.540 mm
Jarak Pijak Belakang
1.510 mm
1.540 mm

Kijang Innova model lama membedakan tampilan exterior dari sisi depan dan belakang. Untuk tipe J memiliki bentuk eksterior depan sedikit berbeda dengan tipe E, G dan V. Perbedaan tersebut terletak pada desain grille depan di mana untuk tipe J berbentuk lurus sementara untuk tipe E, G dan V berbentuk segitiga. 

Kijang Innova Tipe J 


Kijang Innova tipe E, G dan V

Untuk All New Kijang Innova facelift 2015 ini dari sisi eksterior relatif sama saja tidak ada perbedaan signifikan seperti pada model sebelumnya, perbedaan disini hanya pada beberapa bagian seperti handel pintu dengan warna chrome atau sewarna dengan bodi. 

Eksterior All New Kijang Innova 2015 semua tipe

Dari sisi warna juga memiliki perbedaan jika pada edisi sebelumnya memiliki 7 pilihan warna maka pada edisi facelift hanya memiliki 6 pilihan warna.

Kijang Innova Lama 
New Kijang Innova 2015
Warna
Kode
Warna
Kode
Super White 2 040 Super White 2 040
Silver Metallic 1D6 Silver Metalic 1D6
Gray M M 1E3 Drak Grey M M  1G3
Attitude Black Mica 218 Attitude Black Mica 218
Drak Brown Mica Metallic 4U3 Avant Grade Broze (New) 4V8
Silky Gold MM 5A7 Alumina Jade (New) 6W4
Dark Steel Mica Metallic 1H2


Berikut ini adalah warna lengkap dari Kijang Innova versi sebelumnya atau sebelum facelift 2015. 

Warna Kijang Innova sebelum Facelift 

Berikut ini adalah warna lengkap dari All New Kijang Innova facelift 2015 dengan 6 pilihan warna dimana dua adalah warna baru yaitu Avant Grade Broze dan Alumina Jade. 

Warna Kijang All New Innova Facelift 

Perbedaan dari Sisi Interior. 
Semua tipe Kijang Innova lama menggunakan warna kuning muda di dalam interior dengan tambahan motif kayu khusus untuk tipe V dan Luxury.  Untuk All New Kijang Innova facelift 2015 mulai menggunakan warna Hitam untuk line up tertinggi yaitu yang digunakan pada tipe Q sebagai tipe tertinggi. Model interior hitam ini juga di gunakan pada MPV sebelumnya seperti Toyota Veloz dan juga Toyota Alphard dan Vellfire. 

Interior Kijang Innova Tipe V model lama 

Tipe V yang sebelumnya merupakan tipe tertinggi pada All New Kijang Innova menjadi tipe tengah, untuk interior tipe V yang sebelumnya ada tambahan motif kayu pada audio unit, kemudi dan panel pintu samping kanan dan kiri kini digantikan oleh tipe Q, sementara untuk tipe V tidak memiliki tambahan motif kayu.

Interior New Kijang Innova Tipe Q

Motif kayu pada tipe tipe Q yang sebelumnya ada pada tipe V juga berubah dari yang sebelumnya hanya ada di samping Audio unit kini memanjang mendatar dari samping ujung dasboard unit, pada roda kemudi masih tetap dipertahankan dan untuk panel samping di hilangkan digantikan dengan warna silver. 

Pilihan warna untuk tipe V juga berubah dimana warna mendominasi coklat dengan perpaduan warna silver pada bagian audio unit, panel pintu samping dan juga belakang. 

Interior New Kijang Innova Tipe V

Interior New Kijang Innova juga dilengkapi dengan fitur baru antara lain adanya Seat Back Table yang berfungsi untuk meletakkan barang bawaan seperti buku, smart phone, botol minuman. Fitur ini hanya ada di All New Kijang Innova tipe Q dan V. 

Fitur lainnya adalah Blue Illumination Light yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan lebih dan juga untuk memberikan relaksasi selama berkendara. Fitur ini juga hanya ada di tipe Q dan V saja. 


Audio unit All New Kijang Innova sudah dilengkapi dengan beberapa fitur cangih dan terbaru diantaranya adalah fitur Miracast dan HMI dimana kedua fitur ini berfungsi untuk menghubungkan antara audio unit dengan smartphone atau tablet. 

Audio unit New Kijang Innova tipe Q dari sefi fungsi dapat digunakan untuk memutar Radio FM/AM, CD, DVD dengan fitur Gesture Guide, Air Gesture, Voice Command dan di terhubung dengan kamera belakang.  Untuk Audio tipe Q terkoneksi dengan AUX In, iPod, Micro SD, Bluetooth. Untuk tipe Q sudah dapat di gunakan untuk Internet, DLNA, Miracast, HDMI dan Mirrorlink dan satu lagi yaitu daat digunakan untuk entertaiment dengan fitur Toyota Move. 

Sementar untuk Audio unit tipe V hanya sama seperti tipe Q hanya saja tidak memiliki fitur Air Gesture dan untuk Audio tipe G sama seperti tipe V namun tidak memiliki fitur Kamera belakang, Internet, DLNA, Miracast, HDMI, Mirorlink dan juga Toyota Move.

Perbedaan dari Mesin 
All New Kijang Innova facelift 2015 sama seperti model sebelumnya terdiri dari dua pilihan mesin yaitu bensin dan diesel namun untuk New Kijang Innova menggunakan mesin yang baru baik untuk bensin maupun diesel. 

Untuk mesin diesel menggunakan mesin baru yaitu 2 GD FTV 4 Silinder 16 Valve dengan VNT Intercooler. Mesin diesel baru ini memiliki kelebihan yaitu lebih ringan, pembakaran lebih efisien dan minimum engine friction. Dengan mesin baru ini power naik menjadi 50% untuk torsi manual naik sebesar 71% dan untuk torsi matic naik menjadi 40% dan yang lebih penting menghemat penggunaan bahan bakar hingga mencapai 30%.

Mesin Diesel
Kijang Innova Lama
All New Kijang Innova
Tipe Mesin
2 KD FTV 4 Silinder In-Line 16 Valve DOHC D-4D
2 GD FTV 4 Silinder In-Line 16 Valve DOHC dengan VNT Intercooler
Isi Silinder
2.494 cc
2.393 cc
Daya Mak
102 / 3.600 Ps/Rpm
149 / 3.400 Ps/Rpm
Torsi Mak
(26.5/1.600 - 2400) - (20.4/1.400 - 3200) Kgm/Rpm
(36.7/1.200 - 2.600) - (34.9/1.200-2.800) Kgm/Rpm

Mesin bensin All New Kijang Innova menggunakan mesin baru yaitu model 1 TR FE dengan jumlah silinder 4 tipe segaris in line, kapasitas 1998 cc, teknologi DOHC Dual VVT-i. Mesin bensin baru dari All New Kijang Innova ini lebih effisien bahan bakar mencapai 25% dan ruang kabin juga lebih senyap.

Mesin Bensin
Kijang Innova Lama
All New Kijang Innova
Tipe Mesin
1 TR FE 4 Silinder In-Line, 16 Valve DOHC VVT-i
1 TR FE 4 Silinder In-Line, 16 Valve DOHC Dual VVT-i
Isi Silinder
1.998 cc
2.393 cc
Daya Mak
136 / 5.600 Ps/Rpm
139 / 5.600 Ps/Rpm
Torsi Mak
18.6 / 4.000 Kgm/Rpm
18.7 / 4000  Kgm/Rpm

Untuk memudahkan membedakan antara Kijang Innova lama dengan All New Kijang Innova baru dapat di lihat pada video dibawah ini. Video ini adalah All New Kijang Innova tipe G dan tipe V dan juga Innova model lama tipe V Bensin.

All New Kijang Innova G Bensin

All New Kijang Innova V Diesel

New Kijang Innova Model Lama V Bensin

Friends Added
Description
: Perbedaan Kijang Innova Lama Dengan All New Kijang Innova 2015
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Perbedaan Kijang Innova Lama Dengan All New Kijang Innova 2015
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz