ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Perbedaan Toyota All New Hilux S-Cab, C-Cab dan D-Cab

18 December 2015

Juni 2015 Toyota Astra Motor (TAM) merilis Toyota Hilux facelift 2015 yaitu Toyata All New Hilux 2015. Dalam peresmian model terbaru dari Toyota Hilux tersebut Toyota memperkenalkan line up baru dari All New Hilux yaitu Toyota Hilux C-Cab atau Extra Cabin yang secara khusus dirancang untuk memenuhi permintaan konsumen Hilux akan mobil dengan penggerak 4WD sebagai kendaraan operasional.


Dengan line up baru tersebut kini Toyota Hilux memiliki tiga pilihan tipe dari sebelumnya yang hanya memiliki dua pilihan tipe. Perbedaan line up dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Current Line Up Toyota All New Hilux
Double Cabin V A/T Double Cabin V A/T
Double Cabin G M/T Double Cabin G M/T
Double Cabin E M/T Double Cabin E M/T
Single Cabin Diesel M/T Extra Cabin E M/T
Single Cabin Gasoline M/T Single Cabin Diesel M/T
Single Cabin Gasoline Cab & Chassis M/T Single Cabin Gasoline M/T

Toyota juga menghilangkan line up sebelumnya yaitu Single Cabin Gasoline Cab & Chassis M/T pada Toyota Hliux Single Cabin dan hanya mempertahankan tipe Single Cabin (S-Cab) Diesel M/T dan Single Cabin Gasoline M/T.

Eksterior All New Toyota Fortuner facelift 2015 memiliki tampilan berbeda dari edisi sebelumnya, head lamp pada lampu depan kini lebih sipit dan sedikit melengkung pada bagian tepi. Grill depan yang semula ada 3 kini hanya tersisa dua dan logo Toyota tepat berada ditengah grill.

Toyota Hilux Model Lama

Selain dari sisi Line up ada juga perbedaan dari sisi dimensi dimana terjadi perubahan panjang, lebar, tinggi dan lainnya yang difokuskan pada penambahan daya angkut barang. Untuk peruabahn dimensi dari masing-masing tipe All New Toyota Hilux 2015 ini dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Perubahan dimensi dari All New Toyota Hilux Single Cabin (S-Cab)
Dimensi
Single Cabin Bensin
Single Cabin Diesel
Panjang (mm)
4930 (+130)
4930 (+130)
Lebar (mm)
1800 (-40)
1800 (-40)
Tinggi (mm)
1685 (+5)
1685 (+5)
Whellbase (mm)
2750 (0)
2750 (0)
GVW (kg)
2640
2720

Dimensi dari All New Toyota Hilux Extra Cabin (C-Cab)
Dimensi
Extra Cabin
Panjang (mm)
5285
Lebar (mm)
1800 
Tinggi (mm)
1810
Whellbase (mm)
3085
GVW (kg)
2860

Perubahan dimensi dari All New Toyota Hilux Double Cabin (D-Cab)
Dimensi
D-Cab E
D-Cab G
D-Cab V
Panjang (mm)
5285 (+150)
5335 (+75)
5335 (+75)
Lebar (mm)
1800 (-35)
1855 (+20)
1855 (+20)
Tinggi (mm)
1815 (-35)
1815 (-35)
1815 (-35)
Whellbase (mm)
3035
3035
3035
GVW (kg)
2890
2890
2890

Toyota Hilux Single Cabin juga mengalami penyempurnaan untuk ukuran Cargo Deck atau daya angkut kabin luar dengan panjang 1980 mm sama seperti model lama, untuk lebar berubahn menjadi 1575 lebih lebar 55 mm dan tinggi juga mengalami perubahan menjadi 480 mm lebih tinggi 30 mm. Tidak hanya itu Cargo Deck juga diperkuat dengan bead pada wheel house, memperkut kuat Header panel, ketebalan panel juga di optimalkan dan mengoptimalkan bentuk service hole.

Dari sisi warna semua tipe Toyota Hilux memilki warna yang sama kecuali untuk tipe Double Cabin mendapatkan warna baru yaitu Crimson Red. 

Warna Baru All New Toyota Hilux D-Cab Crimson Red.

Berikuti ini adalah warna yang dimiliki oleh All New Toyota Hilux D-Cab yaitu Super White, Silver Metallic, Drak Grey Mica Metallic, Attitued Black dan Crimson Red. Warna dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 


Untuk pilhan warna yang dimiliki oleh Toyota All New Hilux S-Cab dan C-Cab sama seperti pada tipe Hilux D-Cab namun hanya tidak ada warna Crimson Red saja. Warna New Hilux S-Cab ini lebih sedikit dari warna hilux sebelumnya yang terdiri dari delapan pilihan warna.

Warna Toyota All New Hilux S-Cab dan C-Cab

Untuk mesin Toyota All New Hilux S-Cab juga menggunakan mesin baru yaitu yaitu Dula VVT-i untuk mesin bensin sehingga lebih efisien dan bertenaga. 

Toyota All New Hilux Single Cabin (S-Cab)
Secara umum mobil ini diperuntukkan bagi pribadi (semi privat) maupun untuk pekerja lapangan atau mobil operasional untuk perusahaan. Untuk keperluan bisnis mobil ini dapat dipakai oleh toko kelontong, toko material, perusahaan yang membutuhkan pick up untuk maintenance seperti PLN, Jasa marga dan lainnya. 

All New Hilux S-Cab memiliki keunggulan seperti daya angkut besar, kapasitas muatan besar dan juga tenaga mesin yang lebih besar. Dari sisi line up All New Hilux S-Cab adalah tipe paling bawah dari All New Hilux 2015. 


Dari sisi interior All New Hilux S-Cab memiliki 1 seat bangku dengan kapasitas 2 penumpang. Interior All New Toyota Hilux S-Cab memiliki warna hitam. 

Semua tipe Hilux S-Cab hanya memiliki mesin dengan pilihan manual (MT) 5 tingkat kecepatan dengan sistem penggerak 2WD dengan pilihan mesin diesel dan bensin. Untuk tipe mesin bensin pada Hilux S-Cab adalah 1TR-FE, 4 silinder, In Line 16 Valve DOHC Dual VVT-i sedangkan untuk mesin diesel yang digunakan adalah tipe 2 KD-FTV, 4 silinder In Line 16 Vale DOHC. 

All New Hilux S-Cab menggunakan sistem pengereman roda depan yaitu 15" ventilated disc untuk roda belakang menggunakan leading trailling drum. Velg dan roda yang digunakan menggunakan ukuran 205/70 R15 Steel.

Untuk fitur keamanan dan keselamatan semua tipe All New Hilux S-Cab dilengkapi dengan dual SRS Airbag dan Knee Airbag untuk pengemudi juga sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD.

Toyota All New Hilux Extra Cabin (C-Cab)
Hilux Extra Cabin adalah line up tengah sekaligus menjadi line up baru dari All New Toyota Hilux. Sesuai dengan namanya Hilux C-Cab memilki keunggulan dalam hal kabin tambahan yang dapat digunakan untuk menampung barang bawaan seperti tools atau dokumen. Untuk penggunaan All New Hilux dapat digunakan oleh pekerja lapangan.

All New Hilux Extra Cabin (C-Cab)

Tipe ini eksterior ada sedikit perbedaan dengan Hilux S-Cab dimana ada tambahan ruang kabin namun masih tetap satu pintu. Pada bagian depan bodi atau cup mesin terdapat tambahan lubang udara sama seperti yang digunakan pada Hilux tipe D-Cab. 


Interior Toyota Hilux C-Cab berbeda dengan S-Cab dari sisi luas dan bentuknya. Untuk Hilux C-Cab ini memiliki kabin yang lebih luas untuk mebawa barang bawaan yang sudah dibuatkan tempat khusus yang terdiri dari dua kotak. Alternatif lainnya adalah untuk kabin ini juga dapat digunakan untuk tempat duduk penumpang. 

Untuk ukuran dari deck Toyota Hilux C-Cab adalah panjang 1.810 mm, lebar 1.540 mm dan tinggi adalah 480 mm. 

All New Toyota Hilux Extra Cabin menggunakan mesin diesel tipe 2 KD-FTV V NT, 4 silinder, In line 16 Valve DOHC sama seperti yang digunakan pada Hilux tipe D-Cab. Hilux D-Cab hanya tersedia dalam pilihan mesin manual dengan kapasitas mesin 2.494 (2.5) cc. 

Hilux C-Cab menggunakan ban dan velg ukuran 225/70 R17 Steel dilengkapi dengan sistem pengereman 16" ventilated disc pada roda depan sementara untuk roda belakang mengunakan leading trailing drum. 

Fitur keamanan dan keselamatan pada Hilux C-Cab sama dengan tipe S-Cab dengan dilengkapi dengan ABS dan EBD serta SRS Airbag depan untuk melindungi penumpang dan pengemudi serta tambahan knee airbag khsusu untuk pengemudi.

Toyota All New Hilux Double Cabin (D-Cab)
Sebagai tipe tertinggi dari All New Hilux tipe D-Cab atau Double Cabin memiliki banyak fitur unggulan mulai dari sisi interior maupun eksterior. Hilux D-Cab dapat digunakan oleh mereka yang masuk kategori entry level manager (E type), medium level (G type) dan manager dan Top level manager (type V). Untuk bidang bisnis mobil Hilux D-Cab sering dijumpai di pertambangan, perkebunan.

All New Hilux D-Cab fokus pada aman, nyaman dan juga unsur kemewahan sehingga tidak heran jika All New Hilux D-Cab menjadi kendaraan yang tangguh dan handal dimedan offroad.

Eksterior hampir sama dengan tipe E dan C namun untuk tipe D sudah dilengkapi dengan Fog lamp. Hilux tipe D-Cab terdiri dari 3 tipe yaitu E, G dan V dengan spesifikasi yang sedikit berbeda. 

Toyota All New Hilux Double Cabin (D-Cab) tipe E
Tipe E adalah line up terbawah dari New Hilux D-Cab, tipe ini dilengkapi dengan fitur Tilt and Telescopic steering column dan juga rear diferetial lock system. Tombol untuk mengaktifkan fitur 4WD juga lebih mudah seperti tombol menekan AC manual. Tipe E sudah dilengkapi denganAnti-Lock Braking System (ABS) dan EBD juga dilengkapi dengan fitur SRS Airbag depan dan Knee sama seperti tipe S-Cab dan C-Cab.

(D-Cab) tipe E

Dari sisi eksterior Hilux D-Cab tipe E ini memiliki velg dengan tipe sama yang digunakan pada Hilux Extra Cabin yaitu menggunakan 255/70 R17 Steel. 

Toyota All New Hilux Double Cabin (D-Cab) tipe G
Hilux D-Cab tipe G adalah line up tengah, dari sisi fitur memiliki semua kelengkapan pada tipe D-Cab E dengan tambahan fitur steering switch, Audio System dengan 2 DIN CD, AUX, USB, AM/FM dan iPod. 
(D-Cab) tipe G

Untuk velg dan ban yang digunakan sama dengan tipe D-Cab V dengan ukuran ban dan velg 255/70 R17 steel. 

Toyota All New Hilux Double Cabin (D-Cab) tipe V
Hilux D-Cab tipe V adalah line up tertinggi dari All New Toyota Hilux. Fitur kemewahan ada pada Hilux D-Cab tipe V mulai dari Audio sudah menggunakan layar sentuh ukuran 6.1 inch sudah didukung AVX, DVD CD, USB, AUX, AM/FM, SD Card dan iPhone. Untuk multi-information dislpay menggunakan ukuran 4.2 inch color TFT. 

(D-Cab) tipe V

Untuk fitur keamanan dan keselamatan pada Hilux D-Cab tipe V memiliki semua kelangkapan pada tipe Hilux D-Cab tipe G ditambah dengan tambahan Airbag ada 3 yaitu Front Driver, Driver Knee Airbag dan Curtain Side Airbag.


Fitur tambahan lainnya adalah ada tambahan Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist Control (HAC). Dari sisi warna Hilux D-Cab tipe V memiliki warna coklat yang lebih elegan. Khusus untuk tipe D-Cab V juga dilengkapi dengan fog lamp pada lampu depan.


Untuk transmisi yang digunakan pada Hilux D-Cab tipe V adalah 5 spped automatic with Sport Sequatial shifmatic.

Perbedaan All New Toyota Hilux 2015 dari sisi harga dapat dilihat pada tabel dibawah ini. Harga ini berlaku On The Road untuk wilayah Jakarta. Untuk harga daerah lain dapat dilihat pada menu harga atau dapat ditanyakan langsung ke sales kami di nomor yang tercantum di website ini.

No. Mobil Harga
1. Hilux 2.0 Gasoline M/T Single Cabin Rp. 194.400.000
2. Hilux 2.5 Diesel M/T Single Cabin Rp. 211.900.000
3. Hilux 2.5 E 4X4 M/T Extra Cabin Rp. 317.600.000

No. Mobil Harga
1. Hilux 2.5 E 4X4 M/T Double Cabin Rp. 377.700.000
2. Hilux 2.5 G 4X4 M/T Double Cabin Rp. 398.900.000
3. Hilux 2.5 V 4X4 A/T Double Cabin Rp. 435.100.000

Perubahan harga diatas dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa pemberhentian terlebih dahulu. Harga adalah update bulan Desember 2015. 
Friends Added
Description
: Perbedaan Toyota All New Hilux S-Cab, C-Cab dan D-Cab
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Perbedaan Toyota All New Hilux S-Cab, C-Cab dan D-Cab
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz