ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Spesifikasi Toyota New Alphard 3.5 Q

17 December 2015

Toyota New Aphard facelift 2015 resmi di luncurkan oleh Toyota Astra Motor (TAM) pada tanggal 27 Maret 2015. Untuk kelas MPV yang dijual oleh TAM saat ini Toyota Alphard adalah tipe tertinggi dengan Alphard 3.5 Q sebagai line up tertinggi.

Toyota Alphard adalah jenis kendaraan yang banyak di miliki oleh kalangan artis, pejabat dan pengusaha. Artinya mobil ini adalah jenis mobil prestisius dan memang di peruntukan bagi mereka yang sukses dalam bidang tertentu. Konsep desain baru pada New Alphard facelift 2015 ini mengacu pada konsep "Bravely Magnificent" yang berarti keberanian yang menawan, terinspirasi keberanian dan kesuksesan para pengguna Alphard yang berani mengambil keputusan strategi dalam bisnisnya.


Selain Toyota Agya yang memang tidak diperbolehkan menggunakan logo Toyota di depan bodi mobil, khusus untuk Toyota Alphard juga tidak menggunakan logo Toyota melainkan menggunakan logo khas Alphard yaitu huruf Alpha dan simbol V yang dalam bahasa Yunani artinya Alphard adalah bintang yang paling terang dan V berarti Victory atau kemenangan, sehingga Alphard dapat dijadikan simbol keberuntungan dan kesuksesan. Untuk logo Khas Toyota berada di bagian belakang bodi.

Pada edisi sebelumnya Toyota Alphard memiliki 3 line up yaitu Alphard 3.5 V, Alphard 2.4 G dan Alphard 2.4 X. Fada edisi facelift Alphard 2015 memiliki 4 line up dimana tipe Alphard 3.5 Q menjadi line tertinggi Vellfire 2.5 G menjadi line up baru, ALphard 2.5 G menjadi line up tengah dan Alphard 2.5 X sebagai line up paling bawah.

Alphard Lama
New Alphard 2015
Alphard 3.5 V
Alphard 3.5 Q
Alphard 2.4 G
Vellfire 2.5 G
Alphard 2.4 X
Alphard 2.5 G

Alphard 2.5 X

Toyota New Alphard semua tipe termasuk 3.5 Q hadir dalam desain exterior dan interior serta fitur canggih terbaru. Apa saja kelebihan dan spesifikasi Toyota New Alphard tipe Q berikut ini penjelasan lengkapnya.

Toyota Alphard termasuk tipe 3.5 Q memiliki empat pilihan warna dimana satu warna termasuk warna baru yaitu Luxury White Pearl Crystal Shine. Untuk keseluruhan warna dari Toyota New Alphard adalah Black (hitam), Silver Metallic, White Pearl Mica Metallic dan Luxury White Pearl Crystal Shine.


Bila dibandingkan dengan Toyota Alphard model lama model facelift Alphard 2015 ini lebih terlihat kokoh pada bagian exterior. Struktur bodi depan pada bagian grille menggunakan struktur bodi pedestrian protection yang berfungsi untuk mengurangi cidera pada pejalan kaki jika terjadi tabrakan atau benturan.

Toyota Alphard model lama (sebelum facelift 2015)

Exterior Toyota New Alphard 3.5 Q
Toyota Alphard tipe 3.5 Q dari sisi eksterior memiliki fitur yang sama dengan Toyota Alphard tipe 2.5 G dan Vellfire 2.5 G dimana pada bagian head lamp terdapat fitur baru yaitu Corner Lamp yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan yang lebih luas saat memasuki persimpangan jalan dan meningkatkan keamanan saat berkendara pada malam hari.

Fitur baru lainnya pada lampu depan adalah Auto High Beam dimana fitur ini berfungsi untuk mengkondisikan pencahayaan lampu depan dengan ideal secara otomatis membuat lebih nyaman. Lampu depan Alphard tipe 3.5 Q juga sudah dilengkapi dengan lampu DRL (daytime running lights) dengan bohlam LED.

Toyota New Alphard 3.5 Q

Masih pada bagian lampu untuk Fog lamp juga sudah menggunakan tipe Light emiting diode (LED), fitur ini juga termasuk baru karena pada tipe sebelumnya menggunakan jenis Bulb.

Pada bagian kaca spion terdapat fitur baru yaitu memori yang berfungsi untuk memudahkan pengendara lainnya untuk mengatur ketepatan posisi kaca spion. Secara keseluruhan fitur pada kaca spion sudah dilengkapi dengan fitur turn signal lamp (lampu sen), power foldable dan memory.

Salah satu fitur terbaru yang dimiliki oleh Alphard 3.5 Q adalah power back door dimana fungsi dari fitur ini adalah untuk membuka dan menutup pintu bagian bagasi / belakang secara otomatis. Fitur ini dapat dioperasikan secara manual dengan menekan tombol belakang pada bagian bagasi, dengan remote maupun dengan menekan pada tombol yang ada di depan kemudi.

Power Back Door Alphard 3.5 Q dan 2.5 G

Selain fitur Power Back Door Toyota Alphard tipe 3.5 Q juga sudah dilengkapi dengan fitur RH LH dan Power Slide juga sudah dilengkapi dengan smart entry di bagian penumpang dan pengemudi dimana untuk membuka pintu cukup menekan tombol.

Bagian belakang bodi masih sama seperti Toyota Alphard sebelumnya dimana hadle pintu menggunakan tipe grip dengan warna chrome. Juga dilengkapi lampu kombinasi belakang tipe LED, rear spoiler, High Mount Stop Lamp dan wiper belakang. Untuk tipe 3.5 Q pada bagian belakang terdapat emblem yang bertulisankan "Alphard Executive Lounge" pada sisi kiri dan untuk sisi kanan terdapat emblem huruf VG.


Semua tipe Alphard termasuk Toyota Alphard tipe 3.5 Q menggunakan ban dan pelek ukuran 235/50 R 18 Alloy Wheel.

Dimensi Toyota Alphard 3.5 Q dan 2.5 G memiliki ukuran yang sama dari panjang, lebar, tinggi dan lainnya. Untuk dimensi lengkap dari Toyota Alpahrd 3.5 Q adalah sebagai berikut.

Dimensi
Alphard 3.5 Q
Panjang
4.915 mm
Lebar
1.850 mm
Tinggi
1.895 mm
Wheelbase
3000 mm

Jarak Pijak Depan
1575 mm
Jarak Pijak Belakang
1570 mm
Ground Clearance 
160 mm
Min Turning Radius
-

Interior Toyota New Alphard 3.5 Q
Khusus untuk New Alphard tipe 3.5 Q menggunakan interior berwarna hitam dengan kombinasi motif kayu berwarna coklat pada bagian dasbord unit, handel transmisi, bodi samping kanan dan kiri dan juga pada bagian tepi bangku baris kedua. 

Interior Alphard tipe 3.5 Q

Audio unit Toyota Alphard tipe 3.5 Q mengunakan layar sentuh ukuran 8 inch dilengkapi dengan fitur 2 DIN AVX 8 Inch Touch Screen dengan AM/FM Tunner, VCD, DVD (Audio dan video), WMA, MP3, Div-X, AAC, iPod (audio dan video), USB dan AUX In connection, Bluetooth. Juga sudah dilengkapi dengan Navigasi. 

Audio Unit Alphard 3.5 Q

Speaker yang digunakan pada Toyota Alphard tip 3.5 Q berjumlah 17 merek JBL dimana merek ini sudah banyak dikenal menjadi merek speakers dengan kuwalitas terbaik. 

Salah satu fitur mewah yang dimiliki oleh Alphard tipe 3.5 Q adalah Roof Monitor dengan ukuran 9 inch, rear seat entertaiment system ini berfungsi untuk kenyamanan Anda selama dalam perjalanan dan juga dilengkapi dengan SD Card reader. 

Roof Monitor 

Fitur baru lainnya pada interior adalah adanya Step Illumination dimana fitur ini memberikan kesan mewah pada saat Anda memasuki kabin New Alphard 3.5 Q sekaliug sebagai pencahayaan. Untuk pencahayaan lebih namun tetap berkesan mewah untuk kabin tipe 3.5 Q dilengkapi dengan fitur baru yaitu LED Ceilling Illumination dengan 16 pilihan warna. 

Untuk Alphard tipe 3.5 Q juga dilengkapi fitur baru yaitu Sunshade (tirai) pada kursi baris 2 dan 3 yang berfungsi ganda yaitu melindungi dari sinar matahari juga untuk privasi lebih. 

 Rear Seat Switch Control

Untuk memudahkan dalam mengatur kursi sesuai dengan keinginan Anda tipe 3.5 Q dilengkapi dengan Rear Seat Switch Control pada bangku baris kedua. Tidak hanya untuk mengatur letak kursi juga dapat digunakan untuk mengatur fungsi lain seperti volume Audio dll. Untuk kursi pada tipe 3.5 Q menggunakan material Genuin Napa leather dengan pengaturan pada kursi sebagai berikut.

Kursi
Alphard 3.5 Q
Baris 1
Driver with Power (8 Ways) with 3 seat memories & Passenger Ottonom Power Sear (6ways) + seat heater
Baris 2
Captain Ottonom with Power (6 ways)
Baris 3
Easy space Up
Seat Memory
Ada

Untuk kenyamanan selama perjalanan Alphard tipe 3.5 Q dilengkapi dengan pendingin udara model Automatic Dual Climate control dengan Nanoe Ion. Pendingin udara (AC) berada pada kursi baris 1 (depan) , kuris baris 2 dan pada atap.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Toyota Alphard 3.5 Q
Fitur keamanan dan keselamatan semua tipe Alphard termasuk tipe 3.5 Q hampir sama antara lain dilengkapi dengan sabuk keselamatan pada bangku baris ke satu memiliki tiga titik dengan pretensioner dan force limiter sebanyak dua buah. Untuk bangku baris ke dua pada bangku kanan dan kiri dengan 3 pont ELR juga dua buah buah dan untuk bangku baris kedua juga 3 titik yaitu ELR dua buah ditambah 2 titik ELR 1 buah.

SRS Airbag total ada 7 buah dengan letak di depan 2 buah, pengemudi satu buah (knee), Curtain dua buah dan side (samping) 2 buah.

SRS Airbag

Untuk Alphard tipe 3.5 Q juga sudah dilengkapi dengan fitur keyless entry, security alaram system dan immbilizer.

Sstem pengereman untuk Alphard tipe 3.5 Q dilengkapi dengan Anti=lock brake system (ABS), electronik brake distribution (EBD), Brake Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), parking brake dilengkapi dengan sistem elektronik dan emergency brake signal.

Fitur keamanan dan keselamatan lainnya yang dimiliki oleh Toyota Alphard adalah Hill start Assst (HSA), Sensor parking dengan fitur Clearance dan Back Sonar sehingga saat parkir akan dipandu dengan peringatan suara. 

Pintu samping sudah dilengkapi dengan fitur Sliding Door Anti Jam protection degan radius 100 mm open backwards. Sliding Door Anti Jam protection sendiri artinya jika Anda berada pada posisi di samping atau bawah pintu dan pintu tertutup otomatis maka cukup ditahan dan pintu akan kembali lagi seperti semula. 

Toyota Alphard 3.5 Q juga sudah dilengkapi dengan fitur baru yaitu Panoramic View Camera yang terdapat di kamera belakang, Autolock speed sensor dan fitur baru yaitu pedestrain protection.

Mesin Toyota Alphard 3.5 Q
Toyota Alphard 3.5 Q masih menggunakan mesin yang sama yaitu 2 GR-FE, V6, 24 Valve DOHC Dual VVT-i, ETCS-l dengan isi silinder 3456 cc. Mesin yang digunakan pada Alphard tipe 3.5 Q hanya tersedia dalam transmisi otomatis 6 speed sequential, mesin menghasilkan daya maskimum 275 / 6,200 PS/RPM dengan torsi maksimum 34,7 / 4,700 Kgm/RPM.

Suspensi depan yang digunakan pada Alphard tipe 3.5 Q adalah tipe MacPherson Struth, untuk suspensi belakang menggunakan model terbaru yaitu Double Wishbone sehingga lebih lembut dan stabil. Suspensi depan dan belakang sudah dilengkapi stabilizer dengan torsion bar.

Sistem pengereman roda depan dan belakang Alphard tipe 3.5 Q menggunakan ventilated disc sehingga hasil pengereman lebih maksimal.

Dengan segala fitur kemewahan yang dimiliki oleh New Alphard tipe 3.5 Q, MPV ini dijual dengan harga Rp. 1.600.000.000, harga ini on the road Jakarta dan akan berubah sewaktu-waktu. Untuk update harga dapat di lihat di menu Daftar Harga. 

Friends Added
Description
: Spesifikasi Toyota New Alphard 3.5 Q
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Spesifikasi Toyota New Alphard 3.5 Q
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz