ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Mengenal Lebih Dekat Toyota Hiace Indonesia

26 January 2016

Jika Anda pengusaha travel atau yang bergerak di bidang pariwisata dan rental kendaraan tentunya sudah tidak asing lagi dengan Toyota Hiace. Mobil di kelas komersial transportasi umum (commercial van) ini resmi diluncurkan di Indonesia pada tahun 2012 yang merupakan generasi kelima ini hingga saat ini masih di impor dalam bentuk CBU dari negara asalnya yaitu Jepang.

Karena permintaan mobil di segmen ini belum terlalu tinggi maka Toyota Astra Motor (TAM) belum berencana merakit di Indonesia. Permintaan pasar kendaraan komersial transportasi umum di Indonesia secara keseluruhan berada di kisaran 1.100-1.200 unit per tahun. Apa saja kelebihan dari Toyota Hiace mulai dari interior, eksterior dan juga mesin, simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Toyota Hiace Commuter 2014

Toyota Hiace merupakan mobil yang secara khusus di peruntukkan untuk kendaraan komersial penumpang sehingga jenis chasis yang digunakan merupakan chasis khusus bukan seperti yang digunakan pada chasis Truk. 

Sejak di perkenalkan pertama kali tahun 2012 hingga hari ini Toyota sudah mendapatkan penyegaran dari sisi interior dan juga eksterior pada tahun 2014. Perubahan ini tidak terlalu signifikan hanya pada headlamps, grille dan bumper depan, kaca samping, lampu belakang.

Toyota Hiace Commuter 2012

Pilihan warna Toyota Hiace hanya ada 3 yaitu Dark Blue Metallic, Putih dan Silver Metallic. Warna ini adalah warna yang sama sejak dari pertama kali diluncurkan. 


Toyota Hiace memiliki dua tipe yaitu Hiace standart dan Hiace Commuter, kedua tipe tersebut dari sisi interior, eksterior dan fitur keamanan memiliki perbedaan. Untuk ukuran dimensi dari Toyota Hiace baik tipe standart maupun tipe Commuter adalah sebagai berikut;

Dimensi
Toyota Hiace
Panjang
5.300 mm
Lebar
1.880 mm
Tinggi
2.285 mm
Jarak Sumbu
3.110 mm
Jarak Pijak Depan
1.655 mm
Jarak Pijak Belakang
1.650 mm
Berat Kosong
2.145 Kg

Toyota Hiace Commuter dari sisi eksterior sudah dilengkapi dengan lampu kabut dan untuk tipe standart tidak dilengkapi dengan lampu kabut (fog lamp). 

Untuk memudahkan akses saat masuk dan keluar dari kabin semua tipe Hiace dilengkapi dengan side step dan pintu model geser yang luas.  


Untuk kemudahan aksebilitas pada jendela tengah semua tipe juga sudah dilengkapi dengan kaca model terbaru (Kurinuki Windo) yang dapat di buka dan di tutup.  

Dari sisi interior Toyota Hiace memiliki tempat duduk dengan kapasitas penumpang 16 orang dengan rincian 15 di bangku belakang dan 1 di bangku depan. Untuk kenyamanan dan keamanan penumpang dilengkapi dengan pendingin udara. Pada setiap bangku juga sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman. 


Pada interior depan Hiace dilengkapi dengan Dual SRS Airbag untuk melindungi penumpang dan pengemudi. Dasbord yang ergonomis untuk memberikan informasi dan kenyamanan berkendara yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan multigungsi dengan rang glove box yang besar.


Untuk sistem transmisi yang digunakan pada Toyota Hiace semua tipe menggunakan model manual dengan 5 tingkat percepatan. Untuk mendukung kenyamanan penumpang selama perjalanan Hiace dilengkapi dengan suspensi depan Double Wishbone dengan stabilizer dan suspensi belakang menggunakan leaf spring rigid Axle. 

Pelek dan ban yang digunakan pada Toyota Hiace menggunakan ukuran 195 R15 C baja dengan full wheel cap dan Ground tire. Pelek dan ban didukung dengan pengereman depan menggunakan ventilated disc dengan roating calyper 1 cylinder sementra untuk rem roda belakang menggunakan leading-trailing drum brake. Khusus untuk tipe Hiace Commuter dilengkapi dengan Antilock Braking System dan Brake Assist untuk mencegah penguncian saat rem mendadak. 

Toyota Hiace menggunakan mesin berkapasitas 2494 cc dengan tipe mesin 4 silinder 16 valve DOHC D-4D. Mesin ini menghasilkan daya masksimum sebsar 102/3600 ps/rpm dan torsi maksimum 26.5 / 1.600 - 2.400. Untuk dapat menembuh jarak jauh Hiace semua tipe menggunakan tangki dengan kapasitas 70 L dengan bahan bakar solar (diesel). 

Harga Hiace tipe standar di bandrol Rp. 406.600.000 dan untuk tipe Hiace Commuter Rp. 440.200.000. Harga ini merupakan OTR untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya berlaku sejak Januari 2015, harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk harga di daerah lain di Indonesia dapat di lihat di menu Daftar harga. 

Friends Added
Description
: Mengenal Lebih Dekat Toyota Hiace Indonesia
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Mengenal Lebih Dekat Toyota Hiace Indonesia
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz