ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Mengenal Lebih Dekat Toyota All New Corolla Altis Indonesia

10 February 2016

Apa mobil Toyota paling populer di Indonesia, semua pasti akan menjawab Toyota Kijang. Mobil dengan sejarah panjang ini sangat mudah di temui dimanapun daerah di Indonesia, dapat di katakan di semua daerah di Indonesia ada mobil ini. 

Lalu jenis mobil Toyota apa yang sangat terkenal di dunia, maka jawabannya adalah Toyota Corolla. Sedan di kelas medium Toyota ini menyandang predikat sebagai mobil tersukses di dunia dengan penjualan lebih dari 40 juta di seluruh dunia dan di produksi di 15 pabrik di seluruh dunia.
Corolla Altis Tipe V

Toyota Corolla memulai debut perdananya pada tahun 1966 hingga saat ini sudah memiliki 11 generasi. Untuk pasar Indonesia sedan ini mulai di pasarkan pada generasi ke 2 yaitu pada tahun 1971, jenis ini umum dikenal dengan Corolla KE20 Series. Kepopuleran Corolla di Indonesia adalah pada saat diperkenalkan generasi ke 6 yaitu Corolla AE9 yang lebih dikenal dengan Corolla Twin Cam. Saat ini total ada 9 generasi Corolla di Indonesia.

Penggunaan nama Altis mulai di gunakan pada generasi ke 9 yang di pasarkan di Indonesia pada tahun 2001. Corolla Altis yang ada di pasaran Indonesia saat ini adalah generasi ke 3 yang resmi diluncurkan pada awal tahun 2014. Untuk generasi ke dua Corolla Altis memulai debut perdananya pada tahun 2008 hingga 2013. di Indonesia pangsa pasar mobil Sedan dan termasuk Toyota Corolla lebih banyak di wilayah perkotaan, dimana Jakarta sebagai ibu kota Negara memiliki pangsa pasar terbesar dengan prosentase sebesar 70%.

All New Corolla Altis yang di jual oleh Toyota Astra Motor masuk dalam kategori sedan medium, dibawah Altis ada sedan Toyota Vios dan diatasnya ada Sedan New Camry dan Sedan Prius. Hanya ada dua tipe Corolla Altis yaitu tipe V dengan pilihan transmisi otomatis dan tipe G dengan pilihan mesin manual. 

Generasi Corolla Altis kedua menggunakan mesin berkapasitas 2000 cc dengan tiga pilihan yaitu Corolla Altis 2.0 V A/T, Corolla Altis 1.8 G M/T dan Corolla Altis 1.8 E M/T. Untuk generasi ke-3 Altis hanya ada 2 pilihan yaitu V dan G dengan mesin berkapasitas 1800 cc dengan kode mesin 2ZR-FE.

Meskipun sama-sama menggunakan mesin dengan kapasitas 1.798 cc namun untuk mesin yang digunakan pada Corolla Altis generasi ke-3 memiliki akselerasi yang lebih halus dan resposif. Standing Start All New Corolla Altis untuk kecepatan 0-100 Km/Jam lebih cepat yaitu 10.77 detik bila dibandingkan dengan Altis lama yaitu 11.66 detik. Passing juga lebih cepat dimana untuk kecepatan 60-80 Km/Jam hanya butuh waktu 1.47 detik.

Mesin juga lebih bertenaga karena dengan emisi gas buang lebih ramah lingkungan karena All New Corolla Altis menggunakan mesin dengan mekanisme katup Dual VVT-i dan ACIS dan proses pembakaran juga lebih maksimal. 

COROLLA ALTIS 2013
ALL NEW COROLLA ALTIS
Corolla Altis 2.0 V A/T
Corolla Altis 1.8 V A/T
Corolla Altis 1.8 G M/T
 Corolla Altis 1.8 G M/T
Corolla Altis 1.8 E M/T
-

Dari pilihan warna All New Corolla saat ini memiliki 7 pilihan warna dimana 2 termasuk baru yaitu Red Mica Metallic dengan kode warna 4U3 dan Dark Brown Mica Metallic dengan kode warna 4U3. Untuk 5 warna lama yaitu Super White II (040), White Peral CS (070), Silver Metallic (1D4), Gray Metallic 1F9) dan Attitude Black Mica (218).

Pilihan Warna Toyota All New Corolla Altis

Dimensi All New Corolla Altis generasi ke-3 ini juga berbeda dengan generasi kedua. Dengan perbedaan lebih panjang sebesar 80 mm, lebih lebar 15 mm namun lebih pendek sebesar 5 meter dan jarak wheelbase / jarak sumbu lebih panjang 100 mm. 


Meskipun tinggi kendaraan lebih rendah namun jarak kepala dengan atap kabin untuk penumpang depan dan belakang menjadi lebih tinggi sebesar 5 mm. Jarak untuk penumpang depan sebesar 25 mm dan untuk penumpang belakang sebesar 75 mm. Untuk jarak antara bangku depan dengan penumpang belakang juga semakin panjang sebesar 75 mm sehingga menjadi 960 mm sehingga untuk penumpang belakang lebih lega.  
  
Ekterior Toyota All New Corolla Altis
Tidak ada perbedaan signifikan dari tampilan eksterior All New Corolla Altis antara tipe V dan tipe G, perbedaan ini akan lebih terlihat pada fitur yang dimiliki pada bagian lampu depan maupun lampu belakang. 

Desain grill radiator mengunakan lapisan krom sangat ramping dan menyambung pada lampu depan merelfeksikan kesan stylish dan lebar. Untuk Grill bagian bawah menggunakan desain trapezoidal dan bumper di lengkapi dengan fitur pedestrian protection yang mencerminkan keen look design. 

Head lamp menggunakan desain lancip tajam dan memanjang ke samping. Untuk tipe V garnish bumper depan bagian bawah sudah dilengkapi dengan list garnish berlapis krom untuk menambah kesan mewah. Untuk head lamp tipe V menggunakan tipe Projector dengan bohlam LED (Low Beam) dengan dilengkapi fitur Daylight Running Lamp (DRL) tipe 4-LED, untuk tipe G menggunakan Multireflektor juga dengan bohlam Halogen namun tidak dilengkapi dengan DRL diganti dengan Clearence Lamp tipe Bulp.

Semua tipe sudah dilengkapi dengan Fog Lamp atau lampu kabut tipe multireflektor yang berfungsi untuk menambah pencahayaan saat kondisi hujan atau berkabut. 

Lampu depan untuk tipe V sudah dilengkapi dengan fitur Auto Leveling System dimana fungsi dari fitur ini adalah untuk mempertahankan sorot lampu tetap lurus ke depan secara otomatis saat terdapat beban di belakang sehingga berkendara tetap nyaman pada malam hari. 

Eksterior bagian samping untuk tipe V pada moulding jendela dilengkapi dengan beltline berlapis krom untuk menambah kesan mewah. 

Untuk Ektsrior belakang desain license garnish belakang berlapis krom yang menyambung dengan lampu kanan dan kiri menambah kesan lebar dan sylish. Rear lamp dilengkapi dengan fitur Turn Signal Lamp, lampu back up, Stop & tail LED dan aero stabilizing fin.

Pelek yang digunakan pada tipe V dengan tipe G juga berbeda, untuk tipe V menggunakan desain yang lebih stylish seperti desain pelek model TRD Sportivo dengan ukuran 17 inci berbahan alumunium warna hitam. Untuk tipe G model biasa namun dengan bahan sama dengan ukuran 16 inci warna silver. Ukuran ban untuk tipe V adalah 215/45 R17 91V dan untuk tipe G adalah 205/55 R16 91V.

Tipe Pelek Corolla Altis Tipe G


Interior Toyota All New Corolla Altis
Masuk ke dalam ruang kabin akan disuguhi interior dengan nuansa warna hitam pada dasboard unit dengan ivory dibagian tempat duduk. Bahan yang digunakan dengan kualitas tinggi dan berlapis kulit untuk tipe V, kursi pengemudi dilengkapi dengan penyetelan sliding otomatis, folding dan high adjuster kusus tipe V untuk mendaptkan posisi paling nyaman sesuai postur tubuh pengemudi. Untuk kursi penumpang dilengkapi dengan Arm Rest, Cup Holder sehingga seluruh penumpang akan merasakan kenyamanan maksimal.

Interior Corolla Altis Tipe V

Tipe V sudah dilengkapi dengan Audio Unit layar sentuh ukuran 6,95 inch dengan fitur DVD, FM/AM radio, USB, AUX, iPod ready, Micro SD, Internet connection, Navigasi, DLNA, M-Toyota, gesture guide, Parking camera dan didukung dengan 6 audio speaker. 

M-Toyota sendiri memiliki beberapa kelebihan atau fitur yaitu dapt mengetahui dealer dan workshop information, reguler maintenance remainder, toyota up date dan emergency call information.

Untuk Corolla Altis tipe G menggunakan audio biasa dengan fitur 2DIN single Disc, USB, AUX, FM/AM radio dengan 4 speaker. 

Interior Corolla Altis Tipe G

Pendingin udara di dalamkabin untuk tipe V sudah otomatis sementara untuk tipe G mengunakan AC manual. AC untuk tipe V mengunakan indikator digital, pengaturan kecepatan blower, pengaturan temperatur uangan, pengaturan aliran udara, tombol kontrol on/Off AC, Auto swift, defroser switch dan kontrol udara masuk. Untuk tipe G hampir sama dengan tipe V bedanya sistemnya adalah manual. 


Fitur didalam intero All New Corolla Altis juga sangat lengkap dengan beberapa tambahan antara lain rear cup holder, 2-tire front console box, glove box, coin holder, front cup holder, rear door pocket dan front door pocket. 

Jika Anda ingin bepergian cukup lama dan perlu membawah barang bawaan yang cukup banyak makan bagasi All New Corolla Altis sangat pas karena memiliki ukuran yang cukup luas dengan panjang 1100 mm tinggi 980 mm. 


Corolla Altis sudah dilengkapi dengan fitur smart engine dimana pengemudi hanya cukup menekan tombol smart start engine maka mesin akan menyala dan mati dengan sendirinya. 

Satu lagi fitur menarik yang dimiliki oleh All New Corolla Altis tipe V adalah dilengkapi dengan Rain Sensor sehingga pengemudi tidak perlu menyalakan wiper karena akan otomatis menyala dengan sendirinya pada saat hujan. 

Fitur Keamanan, Kenyamanan dan Keselamatan Toyota All New Corolla Altis
Sejumlah fitur keamanan dan keselamatan juga di sematkan ke dalam All New Corolla Altis untuk memberikan perlindungan maksimal kepada penumpang dan pengemudi selama perjalanan sehingga tetap merasa aman dan nyaman. 

Rangka bodi legih rigid dengan material high-tensil steel membuat All New Corolla Altis lebih ringan namun tetap kokok serta penabahan coat berkontribusi terhadap perlindungan karat dan peredam suara. Fungis rangka ini juga untuk mendukung kerja suspensi lebih maksimal. 

Suspensi sendiri menggunakan tipe MacPherson dan torsion beam rear suspension dengan penggunaan coil spring lebih elastis sehingga lebih lembut dan nyaman. Perbaikan pada shock absorber pada damping force untuk lebih mengoptimalkan body roll dan kenyamanan berkendara serta pada Lower Arm Bush dimana pada Bushing di desain ulang untuk meningkatkan kestabilan.

New Corolla Altis dilengkapi dengan Dual SRS Airbag untuk perlindungan maksimal bagi penumpang dan pengemudi depan dari potensi cidera fatal saat terjadi tabrakan. 

Dual SRS Airbag

Untuk sabuk keselamatan menggunakan tipe 3-point Emergency Locking Retractor (ELR) di seluruh penumpang (untuk penumpang belakang 3 unit) dan khusus untuk penumpang depan ditambahakan Petensioner dan Force limiter. Fungsi dari seatbelt petensioner dan force limiter adalah untuk membantu kinerja Airnag dengan menarik tubuh pengemudi atau penumpang depan untuk bersandar di sandaran kursi agar terhindar dari benturan objek yang ada di depannya.


Untuk sistem pengeraman menggunakan kontrol rem canggih seperti ABS, EBD dan VSC untuk memberikan keamanan maksimal. Rem Depan mengguanakan tipe Cakram berventilasi sementara untuk rem belakang mengunakan cakram solid.

Untuk sistem keamanan pada Corolla Altis dilengkapi dengan fitur keamananan immobilizer, sistem alaram dan clearance sensor dan parking kamera. 

Friends Added
Description
: Mengenal Lebih Dekat Toyota All New Corolla Altis Indonesia
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Mengenal Lebih Dekat Toyota All New Corolla Altis Indonesia
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz