ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Toyota Corolla Mobil Tersukses Produksi Toyota

05 February 2016

Toyota Corolla menyandang predikat sebagai mobil sedan tertua di jajaran mobil Toyota yang resmi dirilis pada tahun 1966. Saat ini Corolla merupakan kendaraan terlaris yang sudah terjual lebih dari 40 Juta unit di seluruh sedunia. Hingga saat ini Toyota Corolla memiliki 11 generasi.

Jepang pada tahun 1964 sedang berkembang di bidang ekonomi dengan jumlah penduduk mencapai 100 juta. Pada tahun tersebut olimpiade pertama di gelar di Jepang sekaligus pertama kali di benua Asia, untuk mengatasi lonjakan penonton selama event tersebut pemerintah Jepang memperbaiki infrastruktur termasuk perluasan jalan dan pembukaan jalan baru. Pada saat itu di Jepang sedang buming istilah 3 C yaitu ((air-Conditioners, Color televisions and Cars) yang berarti penyejuk ruangan, televisi berwarna dan mobil adalah kebutuhan pokok setiap keluarga. 

Toyota Corolla Sedan Generasi 1

Dengan pembangunan dan perbaikan jalan baru terutama di pinggiran kota, masyarakat Jepang mulai membutuhkan kendaraan keluarga untuk berkeliling dan beraktifitas. Toyota memprediksi bahwa akan ada lonjakan permintaan terhadap mobil keluarga dan terbukti, akhirnya generasi pertama Corolla resmi dirilis.

Penggunaan nama Corolla sendiri menjadi perdebatan panjang oleh Divisi Produksi pada waktu itu, mobil ini nantinya harus sesuai untuk semua pengguna di seluruh dunia. Untuk memilih nama tim menyiapkan kamus bahasa Inggris, kamus Italia dan Perancis, serta buku puisi Koleksi Sepuluh Ribu Daun (buku puisi tertua Jepang). 

Team akhirnya memutuskan nama Corolla yang berasal dari istilah Latin yang berarti 'mahkota bunga', Corolla dipilih dengan harapan bahwa kendaraan tersebut akan mekar di pasar otomotif. Terbuti nama tersebut pas dan Corolla sukses terjual di seluruh penjuru dunia. Secara kebetulan huruf depan C pada Corolla juga di ikuti oleh mobil Toyota lainnya seperti Celica, Carina, Corsa, Camry dan Cressida.

Generasi pertama dari Corolla dikenal dengan K-10. terdiri dari 3 pilihan yaitu Sedan, Cupe dan Wagon dengan mesin 2K 1100 cc. 

Indonesia mendatangkan Corolla pada generasi ke dua yang resmi dirilis pada tahun 1971-1974 dengan model sedan 4 pintu bermesin 1200cc dan transmisi 4 speed manual. Untuk pasar Global Corolla generasi kedua resmi dirilis pada tahun 1970 yang dikenal dengan generasi K-20.

Toyota Corolla Generasi Ke-2

Toyota mulai menggunakan kata Altis dibelakang Corolla pada generasi ke 9. Tujuannya adalah untuk membedakan dengan generasi sebelumnya. Kata Altis berasal dari bahasa latin Altius yang berarti lebih tinggi. Untuk pasar Indonesia Corolla Altis generasi pertama dipasarkan dari 2001-2007.


Toyota Corolla Altis Generasi Ke-11

Tahun 2008 hingga 2013 adalah periode masa generasi Toyota Corolla Altis ke 10 di Indonesia. Generasi terbaru dari Corolla Altis yaitu generasi ke 11 resmi diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2014.

Sejak generasi pertama yang resmi diluncurkan pada tahun 1966 hingga saat ini Toyota sudah diproduksi selama 48 tahun di 15 pabrik diseluruh dunia dengan 11 generasi dan total penjualan mencapai 40 juta lebih diseluruh dunia, hingga saat ini terdapat 26 juta unit yang masih beroperasi di jalan.

Friends Added
Description
: Toyota Corolla Mobil Tersukses Produksi Toyota
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Toyota Corolla Mobil Tersukses Produksi Toyota
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz