ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Cara Membeli Mobil Toyota di Seluruh Dealer Toyota di Indonesia

09 December 2015

Hingga saat ini Toyota Astra Motor memiliki jaringan dealer resmi sebanyak 180 yang tersebar dari Sabang sampai merauke. Dari 180 jaringan dealer tersebut dibagi ke dalam lima perusahaan rekanan dari Toyota Astra Motor yaitu Auto2000, Nasmoco, Hasjarad Abadi, Kalla Toyota dan Agung Toyota. 

Diantara kelima perusahaan tersebut Auto2000 adalah satu-satunya perusahaan yang merupakan anak perusahaan milik PT. Astra International Tbk dan memiliki jaringan dealer terbesar di Indonesia. Jaringan dealer Toyota Auto2000 mencakup DKI Jakarta, semua wilayah Jawa Barat, Sebagian Sumatera, Sebagian Kalimantan, Sebagian Bali dan Jawa Timur. Total seluruh jaringan dealer Auto2000 sebanyak 104. 

Peta Wilayah Penjualan Mobil Toyota di Indonesia

Untuk area Jawa tengah dan Yogyakarta di pegang oleh PT. New Ratna Motor atau Toyota Nasmoco dengan 20 jaringan dealer di seluruh wilayah Jawa tengah dan Yogyakarta dimana di Jawa Tengah total memiliki 17 jaringan delaer sementara untuk Yogyakarta ada 3 dealer. Dalam waktu dekat Toyota Nasmoco akan membuka satu lagi cabang di daerah Kabupaten Pati Jawa Tengah. 

PT. Hadji Kalla atau yang juga dikenal dengan Kalla Toyota memiliki jaringan dealer Toyota khusus untuk wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, sebagian wilayah Sulawesi Tengah dan sebagian wilayah Sulawesi Utara. Sampai saat ini Kalla Toyota memiliki 20 Jaringan dealer yang tersebar di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

Untuk penjualan mobil Toyota wilayah Indonesia timur di pegang oleh Hasjrad Abadi yang memiliki 18 jaringan dealer yang tersebar di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, dan Papua. 

Jaringan dealer Toyota yang kelima adalah Agung Toyota yang memiliki 18 jaringan dealer tersebar dari Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau dan Pulau Bali. 

Dari kelima dealer tersebut ada beberapa daerah yang memiliki area penjualan yang sama sebagai contoh dealer Auto2000 di Bali juga dimiliki oleh dealer Agung Toyota. Lalu bagaimana masyarakat di dua daerah tersebut dalam membeli mobil Toyota. 

Berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh Astra Toyota Motor setiap customer atau calon pembeli yang ingin membeli mobil Toyota di tetapkan berdasarkan Kartu Identitas Penduduk (KTP) yang masih berlaku. Sebagai contoh customer yang memiliki KTP di luar Jakarta tetapi ingin membeli mobil di Jakarta maka sesuai peraturan customer tersebut tidak diperbolehkan membeli mobil di seluruh jaringan dealer Toyota di Jakarta (Auto2000).

Berbeda kasus untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta dimana untuk kedua wilayah tersebut dibawah jaringan dealer Toyota Nasmoco maka semua warga yang memiliki KTP Jawa Tengah dapat membeli mobil di dealer Toyota Yogyakarta atau sebaliknya. 

Untuk kasus di dealer Toyota wilayah Bali dimana di kedua daerah tersebut memiliki dua jaringan dealer Toyota yaitu Auto2000 dan Agung Toyota maka customer dipersilahkan untuk memilih di antara kedua dealer tersebut. Karena sesuai peraturan calon pembeli hanya dilihat sesuai dengan identitas KTP, maka masyarakat Bali yang memiliki KTP Bali dapat memilih untuk membeli di dealer Auto2000 atau Agung Toyota.

Untuk persyaratan dalam membeli mobil di semua dealer Toyota baik perorangan / pribadi maupun perusahaan adalah sebagai berikut :
Syarat Perseorangan
  1. Foto copy KTP
  2. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  3. Foto copy Slip gaji atau rekening tabungan atau Nota Usaha
*Syarat di atas hanya berlaku untuk pembelian dalam bentuk kredit, untuk pembelian cash hanya diperlukan foto copy KTP

Syarat Perusahaan
  1. Foto copy Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  2. Foto copy Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  3. Foto copy Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP)
  4. Foto copy Akta pendirian Perusahaan
  5. Foto copy rekening koran
*Syarat di atas hanya berlaku untuk pembelian dalam bentuk kredit, untuk pembelian cash bagi perusahaan hanya diperlukan foto copy KTP personal yang bertanggung jawab terhadap perusahaan.
Friends Added
Description
: Cara Membeli Mobil Toyota di Seluruh Dealer Toyota di Indonesia
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Cara Membeli Mobil Toyota di Seluruh Dealer Toyota di Indonesia
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz