ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Perbedaan Toyota All New Yaris Tipe E, G dan TRD Sportivo

27 December 2015

Toyota All New Yaris saat ini merupakan line up tertinggi di kelas hatchback Toyota. All New Yaris yang dijual oleh Toyota Astra Motor saat ini merupakan facelift yang resmi diluncurkan pada bulan April 2014. All New Yaris merupakan kendaraan di segment compat medium yang spesifik di peruntukan bagi anak muda atau mereka yang berjiwa muda. 

Toyota Yaris saat ini merupakan generasi ketiga, bila dibandingkan dengan generasi pertama dan kedua pada generasi ketiga ini terjadi perubahan besar-besaran dari sisi interior, eksterior namun untuk mesin masih menggunakan tipe mesin yang sama yaitu 1NZ -FE.


Dari sisi dimensi All New Yaris facelift berubah drastis menjadi lebih pendek dan lebih panjang. Dapat dikatakan Yaris menjadi mobil hatchback namun cita rasa sedan, untuk perubahan dimensi dari All New Yaris facelift dengan Yaris model sebelumnya atau 2013 dapat dilihat pada tabel berikut ini. 

Dimensi
Yaris Lama
All New Yaris
Panjang
3.800 mm
4.115 mm
Lebar
1.695 mm
1.700 mm 
Tinggi
1.520 mm
1.475 mm 
Wheelbase
2.460 mm
2.550 mm
Turing Radius
4.7 m
5.1 m
Ground Clearence
140 mm
149 mm
Toyota Yaris Sebelum Facelift 2014 

Tampilan eksterior All New Yaris model terbaru lebih sporty dengan Keen Look design dimana pada pada grille depan berbentuk Trapezoidal yang lebih agresif. Bentuk head lamp lebih menyempit pada bagian ujung juga bisa lebih memanjang dan menempel pada grille. 

Logo khas Toyota yang sebelumnya berada di tengah grille pada edisi facelift 2014 letaknya berada tepat di tengah-tengah dengan warna baru yaitu crome. 

 Toyota All New Yaris Facelift 2014 

Tidak hanya dari dimensi yang berubah pilihan warna juga mengalami perubahan dengan penambahan 3 warna baru yaitu Frozen Blue Metallic, Red Mica Metallic dan Orane Metallic. Saat ini dipasaran ada 7 pilihan warna dari All New Yaris yaitu Super Wiite 2, Silver metallic, Gray Metallic, Attitude Black Mica Metallic, Frozen Blue Metallic, Red Mica Metallic dan Orane Metallic. 


Dari sisi interior All New Yaris semua tipe kini dilengkapi dengan audio unit layar sentuh dengan ukuran 5.9 inch. Dengan berbagai fitur menarik yang dimiliki oleh Audio antara lain Radio, Voice Command, Air Gesture, Wi-Fi, DLNA, Toyota Move. 

Sebelum facelift 2014 kita mengenal line up Yaris ada tipe J, E dan juga S namun pada edisi facelift 2014 ketiga tipe tersebut di hilangkan dan kini line up hanya menyisakan tiga pilihan saja yaitu Toyota New Yaris tipe E sebagai tipe paling bawah, Toyota New Yaris G sebagai line up medium dan Toyota New Yaris TRD Sportivo sebagai line up paling tinggi.

Yaris 2013 All New Yaris
1.5 TRD Sportivo A/T 1.5 TRD Sportivo A/T
1.5 TRD Sportivo M/T 1.5 TRD Sportivo M/T
1.5 S A/T 1.5 G A/T
1.5 E A/T 1.5 G M/T
1.5 E M/T 1.5 E A/T
1.5 J A/T 1.5 E M/T
1.5 J M/T -

Apa saja perbedaan dari ketiga tipe All New Yaris facelift 2014 simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Toyota All New Yaris Tipe TRD Sportivo
Tipe TRD Sportivo menjadi tipe tertinggi dari All New Yaris. Dari sisi interior, eksterior tipe TRD Sportivo juga berbeda dengan tipe E dan G, dari eksterior sudah jelas ada tambahan bodi kit TRD muali dari spoiler, sticker, bumper depan dan belakang. Bagian depan dari Toyota Yaris TRD Sportivo juga memiliki tambahan yaitu Led daytime running light dan Outer mirror turning signal.

Lampu depan untuk tipe TRD Sportivo sudah menggunakan Projector Headlamp juga sudah dilengkapi dengan Fog Lamp yang berada di bawah head lamp.

Untuk bagian belakang dari Toyota Yaris TRD Sportivo sudah dilengkapi dengan fitur Deffoger dimana fitur ini berfungsi untuk memanaskan kaca belakang sehingga dapat menghilangkan embun yang mengganguu penglihatan belakang. Satu lagi yang mendedakan untuk tipe TRD Sportivo pad a handel pintu berbentuk grip dengan warna chrome. 
Untuk kaca spion tipe TRD Sportivo sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan elektrik, retractable dan turn signal lamp ( lampu sen).

Ban dan velg yang digunakan pada tipe TRS Sportivo menggunakan ukuran 195 / 50 R16 pelek berbahan Alloy titanium 16 inch termasuk ban cadangan.

Berikut ini aksesoris TRD Sportivo yang ada di All New Toyota Yaris TRD Sportivo.

Font Rear Bumper Spoiler
Led daytime running light
Outer mirror turning signal
RR Bumper Spoiler
RR Roof Spoiler
Side Skirt

Interior All New Yaris TRD Sportivo tipe G berbeda dengan tipe G dalam hal pemilihan warna kursi di mana untuk tipe TRD Sportivo menggunakan warna merah lebih cerah dengan desain yang juga lebih fresh. Secara keseluruhan interior merupakan perpaduan warn ahitam dengan silver yang terdapat di head unit dan panel, pedal roda gigi dan tombol samping pintu depan dan belakang.


Untuk Audio unit TRS Sportivo dilengkapi dengan fitur : Layar sentuh, DVD, MP3, WMA player, AM/FM radio, USB, Bluetooth, iPod connection, Navigation system, Voice commnad, Air Gesture, Wi-Fi receive, DLNA, Toyota Move dan dilengkapi dengan 6 speakers.


Pada bagian kemudi Yaris Tipe TRD Sportivo sudah di lengkapi dengan tombol pada kemudi untuk mengontrol audio seperti mengecilkan volume. Penganturan pendingin udara atau AC juga sudah otomatis. Smart Start dan Entry juga hanya ada di tipe TRD Ssportivo. 


Toyota All New Yaris Tipe G
Line up G menjadi tipe medium atau tengah dari Toyota All New Yaris facelift. Dari sisi exterior perbedaan yang mencolok adalah tidak tersedia aksesoris TRD Sportivo seperti Font Rear Bumper Spoiler, Led daytime running light, Outer mirror turning signal, RR Bumper Spoiler, RR Roof Spoiler dan Side Skirt.

Lampu depan New Yaris tipe G juga sudah dilengkapi dengan projector dengan bohlam halogen juga sudah ada Fog lamp sama seperti tipe TRD Sportivo.

Bagian belakang Tipe G tidak dilengkapi dengan Deffoger namun memiliki fitur Hingh Mount Stop Lamp sama seperti tipe TRD S. Untuk tipe G menggunakan ban ukuran 185/60 R15 dengan pelek Alloy Silver ukuran 15 inch.

Dari sisi interior warna yang digunakan untuk tipe G adalah orange berbeda dengan yang digunakan pada tipe TRD sportivo.


Untuk Audio unit tipe G hampir sama dengan yang digunakan pada tipe TRD Sportivo perbedaannya untuk tipe G tidak tersedia fitur Navigation system selebihnya sama dari ukuran dan fitur lainnya yang dimiliki oleh tipe TRD Sportivo.

Untuk perbedaan lainnya adalah pada tipe G panel kemudi yang ada disebelah kiri tidak tersedia untuk tipe G. Untuk bagian warna pada tombol pintu warna samping depan dan belakang sama seperti pada tipe TRD Sportivo.

Toyota All New Yaris Tipe E
Secara sekilas tipe E hampir mirip dengan tipe G dari sisi eksterior perbedaannya untuk lampu depan menggunakan tipe multireflektor dengan bohlan halogen. Untuk tipe E juga tidak tersedia Fog lamp dan untuk handel pintu berbentuk griip dengan warna sewarna dengan bodi.
Exterior bagian belakang dari Yaris tipe E tidak memiliki spoiler seperti tipe G dan TRD Sportivo. Untuk handel pintu yang digunakan pada tipe E sama seperti pada tipe G yaitu sewarna dengan warna bodi.


Interior New Yaris tipe E sama dengan tipe G dan TRS Sportivo bedannya adalah tidak terdapat warna silver pada bagian panel pintu samping depan dan belakang. All New Yaris tipe E menggunakan ban ukuran 185/60 R15 bahan Alloy Silver.


Audio unit untuk All New Yaris tipe E memiliki fitur 2 DIN, 6.1 inch touch screen, AM/FM radio, CD, Mp3, AUX in, USB, Bluetooth dan 4 speakers. Untuk pendingin udara menggunakan sistem manual sama seperti tipe G.

Semua tipe All New Yaris sudah dilengkapi dengan power windows dengan fitur Auto Up dan Down pada sisi kemudi termasuk tipe E.

Fitur Keselamatan dan Keamanan All New Toyota Yaris
Semua tipe All New Yaris sudah dilengkapi dengan fitur keamanan dan keselamatan antara lain sabuk keselamatan yang terdapat di bangku baris satu dan dua. SRS Air bag juga tersedia untuk semua tipe yang ada di depan untuk penumpang dan pengemudi.

Fitur lainnya adalah Keyless Entry yang meliputi ABS, EBD dan BA, Security Alarm System, Immpbilizer, Auto look speed sensor, parking sensor, colaps steering coloumb dan pedesrtian potection untuk memaksimalkan pengamanan jika terjadi benturan bagian samping bodi.

Untuk perbedaan harga antara Toyota All New Yaris tipe E, G dan TRD Sportivo adalah sebagai berikut. Harga ini adalah patokan untuk wilayah Jakarta update pada bulan Desember 2015. Perubahan harga dapat terjadi sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk harga lainnya di seluruh wilayah Indonesia dapat di lihat di menu Daftar Harga atau kontak Sales terdekat di kota Anda. 

No.
All New Yaris
Harga
1. Yaris 1.5 E M/T Rp. 224.200.000
2. Yaris 1.5 E A/T Rp. 235.000.000
3. Yaris 1.5 G M/T Rp. 232.500.000
4. Yaris 1.5 G A/T Rp. 242.500.000
5. Yaris 1.5 S M/T TRD SPORTIVO Rp. 245.400.000
6. Yaris 1.5 S A/T TRD SPORTIVO Rp. 265.200.000


Friends Added
Description
: Perbedaan Toyota All New Yaris Tipe E, G dan TRD Sportivo
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Perbedaan Toyota All New Yaris Tipe E, G dan TRD Sportivo
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz