ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Perbedaan Toyota Etios Valco JX, E, G dan TOM'S

14 December 2015

Toyota Etios Valco resmi diperkenalkan oleh Toyota Astra Motor (TAM) pada bulan Maret 2013. Mobil dari kelas Hatchback Toyota ini juga dikenal di India dengan nama yang sama namun khusus untuk India sudah dirilis Etios Valco untuk tipe sedan dan di Indonesia jenis Etios Sedan ini juga sudah hadir dalam bentuk Taksi (Gold Taxi) di kota Surabaya dan di impor langsung dari India. 

Pada awal dirilis Toyota Etios hanya terdiri dari tiga tipe yaitu E sebagai line up terbawah, J untuk kelas medium dan G sebagai tipe tertinggi. Setelah delapan bulan TAM kembali merilis line up dari Etios dengan menambah tipe baru yaitu JX dimana tipe ini menjadi line up paling bawah menggantikan tipe J. 

Januari 2015 TAM melakukan penyegaran ringan dengan mengubah pada sisi eksterior dan juga interior. Grill radiator depan pada Etios Valco diubah pada posisi warna sehingga kini Etios Valco memiliki warna chrome. 

Pada sisi interior TAM mengubah pada desain Meter Kombinasi yang dilengkapi dengan Blue Illumination yang lebih modern. Masih pada bagian interior untuk kenyamanan selama berkendara ditambahkan Head Rest Belakang yang dapat di sesuaikan atau diatur dan juga mengubah pada motif kursi. 

Untuk kemudahan selama pengemudi utamanya untuk pengemudi ditambahkan Seat Height Adjuster pada kursi pengemudi yang sudah disesuaikan dengan tubuh orang Indonesia. Terakhir pada sisi interior ditambahkan pengaturan elektrik pada kaca spion khusus untuk tipe JX dan E.

Pilihan warna baru juga ditambahkan pada Toyota Etios yaitu dengan menambahkan warna Merah namun menghentikan warna Beige Metallic. Dengan penambahan satu warna baru ini pilihan warna Toyota Etios tetap sama yaitu berjumlah enam dengan pilihan warna lengkap adalah Putih (White), Silver Metallic, Grey Metallic, Black Mica, Blue Metallic dan Red Mica Metallic. 


Pada awal Februari TAM merilis satu lagi line up dari Etios Valco yaitu Toyota Etios Valco TOM'S dimana tipe ini menjadi tipe tertinggi menggantikan tipe G yang sudah ada sebelumnya. Tipe TOMS'S ini secara spesifik sama dengan tipe G namun untuk tipe TOM'S mendapatkan tambahan bodi kit TOM'S yaitu pada front bumper spoiler, rear bumper spoiler, side skirt, roof spoiler, Tom's emblem dan Tom's sticker.

Toyota Etios Valco TOM'S

Secara umum Toyota Etios tipe JX, E, G dan TOM'S memiliki spesifikasi yang sama untuk mesin yang digunakan, transmisi dan perbandingan gigi (gear ratio) namun untuk dimensi, suspensi, ban, velg, dan juga fitur keamanan dan keselamatan berbeda untuk masing-masing tipe.

Mesin yang digunakan pada Toyota Etios Valco baik tipe JX, E, G dan TOM'S 

Mesin
Etios Valco 
Tipe Mesin
3 NR-FE, 4 Silinder, 16 Valve DOHC
Isi Silinder
1.197 cc
Diameter x Langkah
72.5 x 72.5 mm
Daya Maksimum
80 / 5.600 PS/rpm
Torsi Maksimum
10.6 / 3.100 kgm/rpm

Sasis yang digunakan pada Toyota Etios Valco baik tipe JX, E, G dan TOM'S

Sasis
Etios Valco
Transmisi
5 kecepatan MT
Perbandingan Gigi 1st
3.545
Perbandingan Gigi 2nd
1.913
Perbandingan Gigi 3rd
1.310
Perbandingan Gigi 4th
0.973
Perbandingan Gigi 5th
0.804
Reserve
3.214
Perbandingan Gigi Final
4.294

Berikut ini perbedaan lengkap dari Toyota Etios Valco tipe JX, E, G dan TOM'S.

Etios Valco JX
Tipe Etios Valco tipe JX memiliki ukuran dimensi yang berbeda dari ketiga tipe Etios yang lain yaitu pada Jarak Pijak Depan (front tread) yaitu 1.480 mm dan Jarak Pijak Belakang (rear tread) adalah 1.486 mm. Berikut ini dimensi lengkap dari Toyota Etios Valco tipe JX. 

Dimensi
Etios Valco JX
Panjang
3.775 mm
Lebar
1.695 mm
Tinggi
1.510 mm
Jarak Sumbu
2.460 mm
Jarak Pijak Depan
1.480 mm
Jarak Pijak Belakang
1.486 mm

Dari sisi Sasis Etios Valco Tipe JX menggunakan suspensi depan MacPherson Strut untuk suspensi belakang menggunakan Torsion Beam. Sementara untuk velg dan ban menggunakan ukuran 175/65 R14 steel dengan Wheel Cap. 

Dari fitur keamanan dan keselamatan Toyota Etios Valco tipe JX dilengkapi dengan SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Seat belt (sabuk pengaman) depan 3P ELR sebanyak 2 dengan Pre-Tension dan Force Limiter sementara untuk seat belt belakang sebanyak 3P ELR sebanyak 2 dan 2 P ELR sebanyak 1. Untuk seatbelt dilengkapi dengan fitur seatbelt warning.

Tipe Etios Valco JX saat ini sudah sulit ditemui di beberapa dealer Toyota seperti di Toyota Nasmoco Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Etios Valco E
Dimensi Toyota Etios tipe sama dengan tipe G dan TOM'S namun berbeda untuk tipe JX untuk jarak pijak depan dan belakang. Ukuran Jarak Pijak depan pada Toyota Etios tipe E, G dan TOM'S adalah 1.468 mm dan untuk jarak pijak belakang adalah 1.474 mm. Berikut ini tabel dimensi lengkap dari Toyota Etios E, G dan TOM'S.

Dimensi
Etios Valco E, G dan TOM'S
Panjang
3.775 mm
Lebar
1.695 mm
Tinggi
1.510 mm
Jarak Sumbu
2.460 mm
Jarak Pijak Depan
1.468 mm
Jarak Pijak Belakang
1.474 mm

Toyota Etios Valco tipe E memiliki beberapa kelengkapan antara lain:
  • 15" Alloy Whell; Desain alloy whell yang sporty dengan ukuran lengkap 185/60 R15 Alloy
  • Stylish Steering Whell; Desain Mewah berkelas dan meningkatkan kemantapan mengemudi
  • Power Window dengan Auto Down on Driver Side; memudahkan membuka dan menutup jendela ketika berkendara.
  • Sylish Audio Design; Menambah gaya tapilan sekaligus hiburan selama berkendara
  • 4 Speakers; Kualitas audio terbaik untuk kenyamanan perjalanan Anda
  • Rear Window Wiper; Sapuan lebih lebar dan bersih memberi kenyamanan pandangan ke belakang
  • Front dan Rear Stabilizer; Kestabilan dan kenyamanan berkendara lebih ideal
  • Electric Outside Rear View Mirror; Memudahkan pengaturan kaca spion.
Dari sisi Exterior Toyota Etios tipe E memiliki perbedaan bentuk pada bumper depan dimana untuk grill bagian bawah bentuknya lebih simpel berbentuk segitiga.

Etios Valco tipe E

Etios Valco tipe E menggunakan suspensi depan MacPherson Strut dengan stabilizer, untuk suspensi belakang menggunakan Torsion Beam juga dengan stabilizer.

Tipe Etios E tidak dilengkapi dengan fitur alarm namun di lengkapi dengan fitur SRS Airbag dan seatbelt warning sama seperti pada tipe JX. 

Etios Valco G
Etios Valco tipe G memiliki semua spesifikasi yang dimiliki oleh tipe E baik dari interior, eksterior , dimensi dan juga mesin. Namun dari sisi eksterior ada sedikit perbedaan utamanya bumper depan dimana pada bumper depan lebih modern dengan tambahan bentuk silang pada ujung kanan dan kiri bodi. 

Etios Valco tipe G

Untuk fitur lengkap yang dimiliki oleh Toyota Etios Valco tipe G adalah sebagai berikut:
  • Sporty Aerokit; Desain stylish yang memperkuat kesan sporty
  • Security System (Alaram); Sistem pengamanan modern untuk mencegah pencurian
  • Front Fog Lamp; Menambah jarak pandang ke arah depan dalam kondisi berkabut atau hujan lebat
  • Leather Steering Wheel with Steering Switch; memudahkan pengemudi mengganti channel dan mengatur audio
  • Elegan Audio Design; Hiburan menyenangkan selama perjalanan
  • AC/Register with Chrome Ornamnet; Dengan aksen untuk memberikan tampilan lebih elegan. 

Etios Valco TOM'S
Tipe TOM'S menjadi line up tertinggi dari semua tipe Etios Valco, karena itu tipe ini memiliki semua kelengkapan yang dimiliki oleh tipe G namun dengan tambahan aksesoris bodi kit TOM'S.


Bodi Kit TOM'S pada Etios Valco TOM'S yaitu pada front bumper spoiler, rear bumper spoiler, side skirt, roof spoiler, Tom's emblem dan Tom's sticker.

Untuk perbedaan harga dari masing-masing tipe Toyota Etios Valco baik JX, E, G dan TOM'S dapat dilihat pada table dibawah ini. Harga ini merupakan On The Road wilayah Jakarta.

No. Mobil Harga
1. Toyota Etios Valco G M/T Rp. 171.100.000
2. Toyota Etios Valco E M/T  Rp. 159.900.000
3. Toyota Etios Valco JX M/T Rp. 145.300.000
4. Toyota Etios Valco TOMS Rp. 172.600.000
Friends Added
Description
: Perbedaan Toyota Etios Valco JX, E, G dan TOM'S
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Perbedaan Toyota Etios Valco JX, E, G dan TOM'S
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz