ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Spesifikasi Toyota Etios Valco TOM'S

14 December 2015

Bulan Februari 2015 Toyota Astra Moto resmi merilis mobil terbaru Toyota di kelas Hatchback yaitu Toyota Etios Valco TOM'S. Dengan di rilisnya Etios TOM'S kini di pasaran line up Etios Valco menjadi empat yaitu Etios JX, E, G dan TOMS'S dimana Etios TOM'S menjadi line up paling tinggi di kelas Etios Valco. Toyota Etios Valco dikelas hatchback Toyota merupakan tipe medium atau tengah yang secara fitur, harga, spesifikasi masih dibawah Toyota Yaris namun diatas Toyota Agya. 

Sebelum meluncurkan Toyota Etios Valco TOM'S sebulan sebelumnya atau tepatnya pada awal tahun baru Januari 2015 Toyota Astra Motor juga merilis versi improvement dari Etios Valco dengan sejumlah perubahan ringan pada interior dan eksterior. 

Toyota Etios Valco TOM'S

Perubahan pada Toyota Etios ini terjadi pada radiator grill depan dimana warna tidak lagi sewarna dengan bodi namun berubah menjadi warna crome. Untuk melihat perubahan pada Toyota Agya dapat dilihat pada gambar Toyota Etios model lama pada gambar dibawah ini. 

Toyota Etios Valco Model Lama (Sebelum improvement)

Dari sisi interior TAM menambahkan fitur Adjustable Head Rest (semua tipe) untuk kursi belakang sehingga membuat penumpang tetap nyaman selama perjalanan. Motif pada kursi juga mendapatkan penyegaran dengan mengubah warna dari hitam menjadi silver black yang lebih stylish.

Untuk kemudahan selama mengemudi Etios Valco juga dilengkapi dengan fitur baru yaitu  Seat height Adjuster pada kursi pengemudi yang sudah disesuaikan dengan postur orang Indonesia.

Interior Toyota Etios Valco TOM'S. 

Toyota juga menambahkan line up warna baru pada Toyota Etiso dengan satu warna baru yaitu Merah / Red Mica Metallic, namun menghapus (discontinue) satu warna lama yaitu Beige Metallic. Dengan penambahan satu warna ini total Toyota Etios memiliki enam pilihan warna yaitu Putih (White), Silver Metallic, Grey Metallic, Black Mica, Blue Metallic dan Red Mica Metallic. Berikut ini pilihan warna dari Toyota Etios Valco.

Warna Toyota Etios Valco

Dengan dilakukannya penyegaran pada Toyota Etios Valco secara otomatis untuk Toyota Etios Valco TOM'S juga memiliki spesifikasi dari sisi interior dan eksterior yang sama pada Toyota Etios Valco Improvement. Atau dapat dikatakan Toyota Etios Valco TOM'S secara spesifik sama dengan Toyota Etios tipe G namun ada tambahan bodi kit TOM'S yang terdapat pada bodi depan, bodi belakang, bodi samping dan emblem TOM'S pada bodi belakang dan spoiler pada bodi belakang.

Spesifikasi Toyota Etios Valco TOM'S
Sesuai dengan konsep City Car Etios Valco dirancang untuk kendaraan perkotaan sehingga memiliki ukuran dimensi yang relatif kecil sehingga mudah untuk pemakaian sehari-hari. Ukuran dimensi Toyota Etios Valco TOM'S sama dengan tipe G, E dengan panjang 3.775 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.510 mm, Jarak Sumbu 2.460 mm, Jarak Pijak Depan 1.468 mm dan jarak pijak belakang 1.474 mm.

Toyota Etios Valco menggunakan mesin 3 NR-FE, 4 silinder 16 Valve DOHC 1.197 cc dimana mesin menghasilkan power maksimal 80/5.600 PS/rpm dan torsi maksimum 10.6/3.100 Rpm/kg.

Toyota Etios semua tipe hanya tersedia dalam pilihan mesin manual (MT) dengan 5 kecepatan. Perbandingan gigi (gear ratio) yang dihasilkan transmisi dari Toyota Etios pada gigi 1 adalah sebesar 3.545, 1.913 pada gigi 2, 1.310 pada gigi 3, 0.973 pada gigi 4, 3.214 pada gigi 5 dan perbandingan akhir adalah 4.294.

Untuk suspensi yang digunakan pada Toyota Etios Valco TOMS pada bagian depan menggunakan MacPherson Strut dengan stabilizer sementara untuk suspensi belakang menggunakan Torsion Beam juga dengan stababilizer. Suspensi dilengkapi dengan sistem pengereman depan menggunakan 14" ventilated disc sementara untuk roda belakang menggunakan sistem rem Drum. Untuk bagian roda dan velg yang digunakan pada Etios Valco sama dengan yang digunakan pada tipe E dan G yaitu menggunakan ban ukuran 185/60 R15 Alloy.

Dual SRS Airbag Etios Valco Tipe G dan TOM'S

Beralih ke sistem keamanan dan keselamatan untuk Toyota Etios Valco TOM'S memiliki sistem keamanan yaitu Alarm sama dengan tipe G. Juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yaitu SRS Airbag bagian depan untuk melindungi pengemudi dan penumpang depan, fitur keselamatan lainnya adalah dilengkapi dengan seat belt untuk bagian depan yaitu 3P ELR dengan Pre-Tension dan Force limiter untuk bagian belakang menggunakan 3P ELR sebanyak dua dan 2P ELR sebanyak 1 sehingga tingkat keselamatan maksimal dapat dijaga. Masih dalam fitur seat belt semua tipe Etios Valco memiliki fitur Seatbelt warning. Untuk keselamatan selama perjalanan fitur pada Etios Valco dan tipe G dilengkapi dengan fitur EBS dan EBD.

ABS dan EBD Etios Valco Tipe G dan TOM'S

Toyota Etios Valco di jual dengan harga Rp. 145.300.000, harga ini adalah on the road untuk wilayah Jakarta. Untuk daerah lain di Indonesia akan ada selisih harga sesuai dengan jarak distribusi barang dari Jakarta.

Berikut ini adalah video Toyota Etios Valco TOM'S untuk memudahkan dalam melihat spesifikasi dari sisi interior, eksterior dan mesin yang digunakan pada tipe TOM'S.

Friends Added
Description
: Spesifikasi Toyota Etios Valco TOM'S
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Spesifikasi Toyota Etios Valco TOM'S
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz