ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Perbedaan Toyota Grand New Avanza 1.3 E dengan 1.3 G

22 February 2016

Toyota Astra Motor (TAM) merilis model terbaru dari kelas low MPV yaitu Grand New Avanza dan Veloz pada tanggal 12 Agusuts 2015. Perubahan cukup signifikan meliputi bagian eksterior, interior dan juga mesin yang digunakan. MPV dengan julukan Mobil Sejuta Umat ini  juga hadir dalam 3 varian warna baru yaitu Dark Red Mica Metallic, Nebula Blue dan Dark Brwon Mica Metallic. 

Grand New Avanza masih tetap hadir dalam 2 varian yaitu tipe E dan G dengan dua pilihan mesin 1500 cc atau yang dikenal dengan 1.5L dan mesin 1300 cc atau 1.3L. Semua tipe 1.3 L hadir dalam transmisi manual dan otomatis namun untuk tipe 1.5 G hanya hadir dalam satu varian saja yaitu 1.5 G M/T. 

Terdapat beberapa perbedaan antara Grand New Avanza 1.3 E dengan 1.3 G dari sisi interior, dan eksterior. Apa saja perbedaannya berikut ini penjelasan lengkapnya. 

Dimensi  dari Grand New Avanza 1.3 E dan 1.3 G sama persis namun ukuran panjang dari kedua tipe ini lebih panjang 50 mm bila di bandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk ukuran dimensi lainnya sama seperti model sebelumnya (Avanza 2014). Ukuran panjang nya mencapai 4.190 mm, dengan lebar 1660 mm, tinggi 1.695 mm, jarak sumbu (whellbase) 2.665 mm dan ground clearance 200 mm. 

Mesin baru di usung Grand New Avanza pada semua tipe yaitu menggunakan tipe Dual VVT-i (Variable Valve Timing Intelegent), Avanza model lama menggunakan mesin dengan kode K3-VE untuk mesin baru menggunakan mesin dengan kode mesin 1NR-VE. Meskipun sama-sama menggunakan mesin 1.3 L namun untuk mesin baru ini memiliki kapasitas 1.329 cc sementara untuk mesin Avanza lama 1298 cc. 

Eksterior Grand New Avanza 1.3 E dengan 1.3 G
Grand New Avanza mengusung desain baru pada eksterior depan meniru konsep mobil Toyota yang sudah ada sebelumnya yaitu pada Kijang Innova dengan bentuk pada grill radiator berbentuk seperti huruf V. 
Grand New Avanza 1.3 E

1.3 E menjadi tipe paling bawah dari Grand New Avanza, tipe ini pada lampu depan menggunakan halogen dengan multireflektor sama seperti tipe 1.3 G. Untuk tipe 1.3 E tidak memiliki lampu kabut atau fog lamp. 

Grand New Avanza 1.3 G

Eksterior samping pada kaca spion menggunakan warna yang serupa dengan warna bodi dengan fitur pengaturan elektrik dan turn signal lamp untuk tipe 1.3 G saja, untuk tipe 1.3 E tidak memiliki fitur turn singnal lamp. 

Beralih ke bagian eksterior belakang untuk lampu kombinasi yang digunakan menggunakan tipe Bulp. Untuk back door garnish tipe menggunakan warna krom tipe 1.3 G dan untuk tipe 1.3 E menggunakan warna silver. Khusus Untuk tipe 1.3 G terdapat emblem pada bodi samping kanan dengan tulisan G di balut dengan warna biru seperti pada logo Hybrid dan juga dengan fitur rear smoothing panel. 

Grand New Avanza 1.3 G Belakang 

Interior Grand New Avanza 1.3 E dengan 1.3 G
Dari sisi interior kedua tipe Grand New Avanza 1.3 G dan 1.3 E menggunakan warna yang sama yaitu perpaduan warna hitam dengan coklat. Untuk kedua tipe ini memiliki perbedaan pada beberapa bagian diantaranya pada bagian audio system dimana untuk tipe 1.3 E menggunakan warna hitam. 

Interior Grand New Avanza 1.3 E

Pada bagian panel pintu kanan dan kiri untuk tipe 1.3 E juga menggunakan warna hitam sama seperti pada bagian Audio unit. Untuk shift lever knob atau gagang pengaturan porseneling juga menggunakan warna hitam. 

Interior Grand New Avanza 1.3 G

Untuk tipe 1.3 G interior berbeda dengan tipe 1.3 E pada 3 bagian yaitu menggunakan perpaduan warna silver pada audio unit, panel pintu dan shift lever knob. 

Audio yang digunakan pada Avanza tipe 1.3 E dan G menggunakan tipe 2 DIN CD AM/FM AUX dilengkapi dengan fitur Bluetooth dan iPod ready. Khusus untuk Audio tipe 1.3 E tidak memiliki fitur bluetooth. 

Bangku baris ke 2 dan ke 3 Grand New Avanza

Bangku baris ke-2 dan ke-3 mampu menampung 3 penumpang dengan di lengkapi sandaran kepala untuk penumpang tengah dengan gabungan antara bangku kanan dan kiri. Untuk bangku baris ke-2 dilengkapi dengan fitur sliding dan one touch folding sementara untuk bangku baris ke-3 dilengkapi fitur folding dan reclining. 

Semua tipe Avanza dilengkapi dengan fitur power window auto up dan down dengan tambahan jam protection khusus untuk sisi pengemudi saja. 

Fitur Keselamatan Grand New Avanza 1.3 E dengan 1.3 G
Untuk keamanan kendaraan Grand New Avanza tipe 1.3 G sudah dilengkapi dengan Immobilizer namun untuk tipe 1.3 E tidak memiliki fitur tersebut. 

Untuk melindungi dari benturan samping semua tipe Grand New Avanza dilengkapi dengan fitur Side Impact Beam dimana pada rangka samping diperkuat dengan penambahan baja. 

Side Impact Beam

Sabuk keselamatan juga tersedia di semua bangku dengan fitur 3 point ELR x2 dengan pretensioner dan force limiter untuk bangku depan atau baris ke-1. Untuk bangku baris kedua kanan dan kiri dilengkapi fitur 3 point ELR sebanyak 2 buah sementara untuk bangku tengah dengan fitur 3 point ELR hnaya 1 saja. Untuk bangku ke-3 dengan fitur 3 point ELR sebanyak dua buah. Sabuk keselamatan ini di dukung dengan fitur passenger seatbelt reminder warnng untuk bangku depan dan bangku pengemudi. 

Friends Added
Description
: Perbedaan Toyota Grand New Avanza 1.3 E dengan 1.3 G
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Perbedaan Toyota Grand New Avanza 1.3 E dengan 1.3 G
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz