ads

Jaya Metro
CV. Jaya Gemilang

Perbedaan Toyota Vios Dengan Toyota Limo

12 February 2016

Tahun 2013 Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis facelift dari Vios yaitu Toyota All New Vios ke pasaran Indonesia. All New Vios hadir dalam 2 tipe yaitu Vios E dan Vios G, semua tipe hadir dalam pilihan transmisi manual maupun otomatis. Tidak hanya itu Sedan di kelas bawah TAM ini juga hadir dalam versi komersial yang juga di kenal dengan Toyota Limo. 

Toyota All New Vios 2013

Sekilas dari sisi eksterior antara Toyota Vios dengan Limo memiliki kesamaan dari sisi desain, namun kedua tipe ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari sisi interior, exterior dan juga beberapa fitur karena dari harga juga terpaut cukup jauh. Lalu apa saja perbedaan antara Vios dan Limo mari simak bersama. 

Toyota Limo dari sisi spesifikasi lebih mendekati dengan tipe Vios E Manual namun masih tetap terdapat beberapa perbedaan. Untuk tipe Vios E hadir dalam 2 pilihan trasmisi sementara untuk Limo hanya hadir dalam transmisi manual atau Toyota Limo 1.5 M/T. 
Toyota Limo 2013

Pangsa pasar mobil taksi di Indonesia di kuasai sepenuhnya oleh Toyota dengan Limo. Karena itu Toyota Indonesia pada akhir tahun 2012 resmi memproduksi sendiri Toyota Limo termasuk Vios. Permintaan yang tinggi akan kendaraan taksi di Indonesia belum mampu di penuhi oleh Toyota Indonesia karena kapasitas produksi pada tahun 2013 hanya 1.000 unit perbulan. 

Dikarenakan belum bisa memenuhi kebutuhan perusahaan taksi. Karena itulah, beberapa permintaan perusahaan taksi lain dipenuhi dengan adanya Etios sedan yang diimpor langsung dari India. Selama 2013, Toyota berhasil menjual 2.194 unit Etios sedan ke beberapa perusahaan taksi di Indonesia. Sedangkan Limo mencapai 9.431 unit atau memperoleh 73 persen. Jika digabungkan, perusahaan taksi yang menggunakan produk Toyota mencapai 90 persen. 

Perbedaan Exterior
Head lamp atau lampu depan Vios menggunakan tipe Reflector dengan halogen bulb untuk tipe E sementara untuk tipe G menggunakan projector dengan halogen bulb. Untuk Toyota Vios menggunakan lampu sama seperti Vios tipe E. Untuk Vios E dan Limo tidak dilengkapi dengan lampu kabut sebaliknya untuk Vios G sudah dilengkapi dengan lampu kabut (Fog Lamp). Semua tipe Vios dan Limo pada lampu belakang menggunakan lampu kombinasi tipe Bulb.
All New Vios G Belakang

Radiator Grill depan Vios tipe G dilengkapi dengan dua krom sementara untuk tipe E menggunakan single krom dengan bodi color dan untuk tipe Limo menggunakan warna hitam.

Semua tipe Vios pada spion sudah dilengkapi dengan retractable namun untuk Limo tidak dilengkapi fitur tersebut. Warna yang digunakan pada spion adalah warna bodi sementara untuk Limo menggunakan warna hitam. Spion juga sudah dilengkapi dengan turn singnal (lampu belok) dan untuk Limo tidak dilengkapi dengan signal lamp. 

Door outside handle atau gagang pintu untuk tipe Vios G menggunakan tipe Grip dengan warna krom dilengkapi dengan fitur smart entry. Untuk Vios tipe E menggunakan model Grip namun warna yang digunakan adalah warna bodi dan untuk Limo menggunakan warna hitam.

Semua tipe Vios sudah dilengkapi dengan intermittent wiper dengan time adjustment namun untuk Limo menggunakan wiper dengan tipe mist only. 

Perbedaan cukup signifikan lainnya adalah pada penggunaan pelek. Untuk Limo menggunakan pelek tipe standar yaitu model kaleng. Untuk pelek Vios mengunakan bahan alumunium. 

Perbedaan Interior 
Sama seperti pada exterior untuk interior terdapat banyak perbedaan signifikan antara Vios dengan Limo. Perbedaan ini mencakup fitur di dalam interior. 

Interior Vios Tipe G 

Vios tipe G menggunakan kemudi tipe 3 spoke dengan flat bottom denganbahan leather wrapped dengan tambahan silver ornamen. Untuk Vios E sama seperti pada tipe G bedanya tidak menggunakan bahan kulit (leather) namun menggunakan bahan urethane dan untuk Limo menggunakan 3 spoke bahan urethane. Kemudi semua tipe Vios dan Limo dilengkapi dengan Tilt dan Audio switch untuk tipe Vios G saja.

Starting system pada Vios G menggunakan smart start dengan push type sementara untuk Vios E dan Limo menggunakan tipe standart. 

Interior All New Vios G

Combination meter juga ada pada Vios dan Limo namun untuk Vios dilengkapi dengan multi information display dan untuk Limo tidak memiliki MID.

Pintu pada Vios semua tipe sudah dilengkapi dengan Power window up and down dengan jam protection dan untuk tipe Limo tidak ada fitur tersebut, Penguncian pintu juga di miliki oleh semua tipe Vios dengan pengaturan pada pengemudi untuk Limo juga tidak dilengkapi. Tipe Vios G dilengkapi dengan Integrated smart key, untuk tipe E dengan integrated key dan tipe Limo tidak ada fitur smart key.

Audio tipe Vios G menggunakan tipe 2DIN, AM/FM radio, DVD, USB, AUX-in, iPod ready, Bluetoth, Internet connection. Untuk audio Vios E menggunakan tipe audio 2DIN, AM/FM radio, CD, USB, AUX In dan untuk Limo tidak memiliki Audio. Untuk mendukung Audio Vios tipe G dilengkapi dengan 6 speaker, 4 speakers untuk tipe E dan 2 spekares untuk Limo.

Material tempat duduk yang digunakan pada Vios G dan E menggunakan kualitas Fabric sementara untuk Limo menggunakan Vinyl. 

Perbedaan Fitur Keamanan dan Keselamatan
Semau tipe Vios menggunakan brake control system (ABS) juga sudah dilengkapi dengan EBD dan BA untuk Limo tidak ada. Namun untuk Vios dilengkapi dengan SRS Airbag dengan jumlah 2 di depan, fitur ini juga ada pada semua tipe Vios baik G dan E.

Semua tipe Vios sudah dilengkapi dengan back sonar, high mount stop lamp, rear windo defogger dan untuk Limo tidak memiliki semua fitur resebut. 

Seatbelt atau sabuk keselamatan untuk Vios pada bangku depan menggunakan 3 point ELR ditambah pretensioner dan FL dengan jumlah 2, untuk bangku belakang menggunakan tipe 3 point ELR sebanyak 3 buah. Untuk seat belt Limo pada bangku depan sama dengan yang digunakan pada Vios dan untuk bangku belakang hampir sama dengan limo bedanya adalah 3 point ELR 2 buah dan 1 NR.

Smart entry system, Smart start system hanya ada pada Vios tipe G, untuk Vios tipe E dan Limo tidak ada fitur tersebut. Dan semua tipe Vios dan Limo menggunakan struktur bodi yang sama yaitu struktur bodi GOA, mekanisme ini bertjuan untuk melindungi penumpang ketika terjadi tabrakan dengan mengurangi tingkat resiko cedera fatal. 

Struktur Bodi GOA

Untuk perbedaan harga antara All New Vios dengan Limo adalah sebagai berikut. harga ini berpatokan pada dealer Nasmoco. Untuk harga di daerah lain di luar Jawa Tengah dan DIY akan berbeda. 

No.
TIPE
HARGA
1.
VIOS 1.5 E M/T
Rp. 281.050.000
2.
VIOS 1.5 E A/T
Rp. 290.650.000
3.
VIOS 1.5 G M/T
Rp. 299.650.000
4.
VIOS 1.5 G A/T
Rp. 312.750.000
5.
LIMO 1.5 G M/T
Rp. 197.700.000

Harga diatas berlaku mulai bulan Februari 2016 dan harga akan berubah setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk update harga dapat dilihat di menu Daftar Harga. 

Friends Added
Description
: Perbedaan Toyota Vios Dengan Toyota Limo
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Perbedaan Toyota Vios Dengan Toyota Limo
0 Comments
Toyota Avanza & Veloz
Toyota Avanza & Veloz